Perbankan RI Dinilai Kuat, Tak Terdampak Kolaps 3 Bank AS

| Jum'at, 17/03/2023 08:20 WIB
Perbankan RI Dinilai Kuat, Tak Terdampak Kolaps 3 Bank AS Bank BTN (Foto: Marketeers)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) menjamin industri perbankan tetap kokoh dan tak terdampak penutupan tiga bank di Amerika Serikat (AS). 

Gubernur BI, Perry Warjiyo menjelaskan bahwa model pembiayaan yang dilakukan oleh tiga bank di AS yang gagal tersebut sangat berbeda dengan yang dilakukan oleh perbankan nasional. 

Model bisnis mereka rata-rata lebih terkonsentrasi kepada deposan besar berbasis financial technologi atau startup. Sementara hal itu tidak terjadi di bank nasional.

"Apakah bank di Indonesia terjadi konsentrasi ke deposan itu? sebagian besar tidak, deposit funding mereka terdiversifikasi sehingga memperkuat posisi bank kita," ujar Perry seperti dikutip, Jumat 17 Maret 2023.

Di sisi lain perbankan nasional rata-rata sudah melakukan keseimbangan terhadap surat utang. Surat utang ini juga terus dilakukan pengaturan dengan baik oleh masing-masing bank. 

Kemudian masing-masing bank di Indonesia juga telah menyiapkan dana cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN) di mana batas minimal telah ditentukan oleh regulator.

"Secara fundamental stabilitas ketahanan perbankan kita kuat, baik dari sisi permodalan, risiko kredit maupun likuiditas," tandasnya.

Tags : BI , Kolaps , Perbankan