PMI Manufaktur Indonesia Salah Satu yang Paling Ekspansif di Dunia

| Selasa, 23/05/2023 10:06 WIB
PMI Manufaktur Indonesia Salah Satu yang Paling Ekspansif di Dunia Peti Kemas (Doc: Kemenperin)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan sektor manufaktur yang digambarkan dalam Purchasing Managers Index (PMI) Indonesia menjadi salah satu negara yang paling ekspansif dibandingkan negara lainnya.

Sri Mulyani mengatakan suku bunga acuan dari bank sentral yang cukup tinggi di berbagai negara berdampak terhadap pelemahan ekonomi masing-masing negara. Kondisi ini yang terlihat dari PMI Manufaktur secara global selama 8 bulan berturut-turut yang mengalami kontraksi.

"Mayoritas 52 negara yang diobservasi, semua menunjukkan kontraksi seperti Jepang, Tiongkok, Vietnam, Eropa, Italia, Brazil, dan Korea Selatan," kata Sri Mulyani seperti dikutip, Selasa 23 Mei 2023.

Sementara itu, hanya 13% dari negara yang diobservasi mengalami ekspansi, dengan PMI di atas 50 namun melambat seperti di Rusia, Singapura, dan Filipina. 

Selanjutnya ada 34,8% negara yang PMI Manufakturnya mengalami ekspansi-akselerasi. Indonesia termasuk salah satu negara yang mengalami ekspansi dengan PMI Manufaktur sebesar 52,7.

Tags : PMI Manufaktur , Peti Kemas

Berita Terkait