Sri Mulyani Usulkan Anggaran Infrastruktur Rp477,5 Triliun, Sumatera Terbesar

| Senin, 05/06/2023 16:55 WIB
Sri Mulyani Usulkan Anggaran Infrastruktur Rp477,5 Triliun, Sumatera Terbesar Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: twitter @KemenkeuRI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengusulkan anggaran prioritas 2024 untuk infrastruktur sebesar Rp396,9 triliun hingga Rp477,5 triliun. 

"Anggaran ini terutama untuk infrastruktur pendukung transformasi ekonomi seperti ICT, energi, pangan, dan konektivitas," ujar Sri Mulyani dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Senin, 5 Juni 2023.

Tak hanya itu, anggaran ini juga diusulkan untuk mendukung percepatan penyelesaian IKN secara bertahap dan berkelanjutan. "Soal infrastruktur, kita akan terus mengkonek, terutama di Sumatera yang sebenarnya cukup besar anggaran untuk membangun jalan lintas Sumatera," terangnya.

Dia mengatakan bahwa penggunaannya APBN-nya luar biasa besar. "Jadi yang sebenarnya mendapatkan benefit dari APBN besar adalah Sumatera dari sisi infrastruktur jalan tol," sambung Sri Mulyani.

Hal ini karena jalan tolnya dibangun dari utara hingga ke selatan, menghubungkan berbagai sentra-sentra produksi. Menkeu pun berharap Sumatera akan menjadi daerah yang bisa menyumbangkan growth atau pertumbuhan secara lebih tinggi dan lebih stabil.

"Dengan demikian, ketergantungan terhadap Jawa bisa didistribusikan lebih adil dan merata ke daerah-daerah lain," pungkasnya.

Tags : Menteri Keuangan , APBN , Infrastruktur , Sumatera , Indonesia