Jepang Guyur Toyota Rp 12 Triliun untuk Investasi Baterai Mobil Listrik

| Selasa, 20/06/2023 08:12 WIB
Jepang Guyur Toyota Rp 12 Triliun untuk Investasi Baterai Mobil Listrik Logo Toyota (Doc: India TV)

RADARBANGSA.COM - Kementerian industri Jepang akan memberikan subsidi sebesar 117,8 miliar yen (Rp12,4 triliun) kepada Toyota Motor Corp. untuk berinvestasi dalam teknologi baterai mobil listrik.

Melansir Antara, Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Yasutoshi Nishimura mengatakan keputusan ini mengikuti kebijakan pada bulan April, pemerintah Jepang memberikan subsidi sekitar 160 miliar yen untuk proyek manufaktur baterai mobil listrik oleh Honda Motor Co. dan GS Yuasa Corp.

Lebih lanjut pihaknya juga ingin memastikan keamanan ekonomi dengan mempromosikan produksi dalam negeri untuk teknologi kunci seperti baterai dan semikonduktor.

"Saya berharap investasi dalam skala besar oleh Toyota dan yang lainnya akan secara signifikan memperkuat rantai pasokan baterai negara kita" kata Yasutoshi Nishimura.

Sebagai informasi dukungan pemerintah Jepang ini merupakan bagian dari alokasi dana sebesar 127,6 miliar yen yang akan diberikan kepada total tujuh proyek pengembangan dan investasi dalam suku cadang dan material baterai, termasuk juga produsen baterai.

Keputusan itu mengikuti kebijakan pada bulan April, pemerintah Jepang memberikan subsidi sekitar 160 miliar yen untuk proyek manufaktur baterai mobil listrik oleh Honda Motor Co. dan GS Yuasa Corp.

Tags : Toyota , Jepang

Berita Terkait