Jokowi Ingin Smelter Freeport Rampung Mei 2024

| Rabu, 21/06/2023 09:23 WIB
Jokowi Ingin Smelter Freeport Rampung Mei 2024 Smelter Freeport,

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo berharap proyek pembangunan pabrik smelter  PT Freeport Indonesia (FI) dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) bisa terselesaikan Mei 2024 mendatang.

"Kita harapkan semuanya nanti selesai sebelum Mei 2024," ungkap Presiden Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Rabu 21 Juni 2023.

Jokowi menegaskan bahwa pembangunan smelter merupakan pijakan fondasi bagi Indonesia untuk menjadi negara maju di masa mendatang. Keberadaan sejumlah pabrik smelter di Tanah Air akan menambah daya saing yang dimiliki Indonesia dan mengubah ketergantungan ekonomi dari sektor konsumsi ke sektor produksi.

"Smelter ini pijakan fondasi untuk kita menjadi negara maju karena dari yang bertumpu kepada konsumsi, bertumpu sekarang kepada produksi," tutur Presiden

Diketahui progress pembangunan kedua smelter kini telah mencapai 72 persen. Diharapkan penyelesaian konstruksi fisik smelter dapat diselesaikan di akhir Desember 2023, dilanjutkan pre-commissioning dan commissioning hingga bulan Mei 2024 dengan ramp-up operasi diharapkan mencapai operasi penuh pada akhir tahun 2024.

Tags : Smelter Freeport ,

Berita Terkait