Investasi Smelter Freeport di Gresik Telan Rp33 Triliun

| Kamis, 22/06/2023 10:24 WIB
Investasi Smelter Freeport di Gresik Telan Rp33 Triliun Smelter (Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Nilai investasi pembangunan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, telah menyentuh USD2,2 miliar (Rp33 triliun) per Mei 2023 dari total investasi USD3 miliar (Rp45 triliun)

"Investasi ini juga telah menyerap 15.000 tenaga kerja Indonesia," kata Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dalam keterangan tertulis, Rabu 21 Juni 2023.

Bahlil menambahkan smelter di Gresik ini direncanakan menjadi smelter tembaga desain single line terbesar di dunia. Proyek ini sangat penting mengingat bahwa hilirisasi adalah kunci agar Indonesia dapat berubah dari negara berkembang menjadi negara maju. Salah satunya melalui hilirisasi sumber daya mineral, yaitu tembaga yang diolah di smelter PTFI. 

“Melalui proyek smelter ini, kita lakukan hilirisasi untuk penciptaan nilai tambah. Kita ingin Indonesia yang tidak hanya dikenal karena sumber daya alamnya saja, tapi karena produknya. Sudah terbukti, hilirisasi sumber daya mampu meningkatkan pendapatan negara. Nikel contohnya, naik dari USD3,3 miliar menjadi USD30 miliar setelah kita stop ekspor nikel dan lakukan hilirisasi,” ucap Bahlil.

Tags : Investasi , Smelter