Sinyal Pengetatan Moneter Berlanjut, Dolar AS Ditutup Menguat

| Jum'at, 23/06/2023 09:50 WIB
Sinyal Pengetatan Moneter Berlanjut, Dolar AS Ditutup Menguat Mata uang Dolar AS (5/9). (Foto: tribunnewscom)

RADARBANGSA.COM - Indeks Dolar AS menguat terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB). 

Penguatan dolar terjadi di tengah spekulasi pengetatan moneter oleh Bank Sentral AS atas kekhawatiran tentang perlambatan suku bunga oleh beberapa bank sentral.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, naik 0,30 persen menjadi 102,3849 pada akhir perdagangan. 

Gubernur Federal Reserve AS Jerome Powell pada Kamis 22 Juni 2023 menyatakan bahwa bank sentral belum mencapai akhir dari siklus pengetatannya.

"Pembuat kebijakan merasa akan tepat untuk menaikkan suku bunga lagi tahun ini, dan mungkin dua kali, jika ekonomi berjalan seperti yang diharapkan, bahkan ketika mereka telah dinaikkan ke tingkat restriktif yang sesuai," kata Powell kepada Komite Perbankan Senat, seperti dikutip Jumat 23 Juni 2023.

Sebelumnya data yang dirilis Kamis 22 Juni 2023 oleh Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan bahwa 264.000 klaim baru diajukan untuk tunjangan pengangguran berdasarkan penyesuaian musiman dalam pekan yang berakhir 17 Juni, tidak berubah dari level revisi naik minggu sebelumnya, yang merupakan level tertinggi aktivitas klaim awal sejak Oktober 2021.

Tags : Dolar AS , Rupiah

Berita Terkait