Pangan Jadi Faktor Penentu Kekuatan Ekonomi Negara

| Selasa, 25/07/2023 09:13 WIB
Pangan Jadi Faktor Penentu Kekuatan Ekonomi Negara Petani.

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pangan menjadi faktor penentu dari kekuatan ekonomi sebuah negara. Pangan juga menjadi faktor yang paling penting karena berkaitan dengan kebutuhan dasar.

“Belum selesai Covid kita sudah diancam dengan yang namanya cuaca buruk di seluruh dunia dan besok kita akan menghadapi kemarau ekstrem yang sangat panjang. Karena itu kita sama-sama perkuat posisi pangan kita ke depan melalui percepatan tanam," ungkap Mentan dalam keterangan tertulis, Selasa 25 Juli 2023.

Karena itu, mumpung pasokan air masih tersedia sebaiknya percepatan tanam dilakukan secara masif di seluruh Indonesia.

"Makanan itu dibutuhkan manusia di seluruh dunia. Dan yang namanya el nino ini akan kita hadapi hingga september nanti. Oleh karena itu selagi masih ada air kita kejar yuk percepatan tanam ini. Jadi selesai panen langsung tanam karena air masih ok. Alhamdulliah saya bahagia sekali hari ini di kampung saya di Bajeng bisa melaksanakan percepatan tanam," katanya.

Mentan berharap, Kabupaten Gowa memiliki kemampuan dan daya tahan luar biasa terhadap berbagai tantangan dan krisis global. Kabupaten Gowa harus mampu berada pada posisi zona hijau dalam mengoptimalkan pertanaman pangan.

"Oleh karena itu lakukan optimalisasi lahan dan pertanaman. Kita berharap besok el nino ini tidak berdampak signifikan. Artinya antisipasi kita mampu kita implementasikan secara bersama," katanya.

 

Tags : Pangan , El Nino