Menteri Pertanian Ingatkan Krisis Pangan Bisa Ancam Indonesia

| Kamis, 25/04/2024 19:25 WIB
Menteri Pertanian Ingatkan Krisis Pangan Bisa Ancam Indonesia Amran Sulaiman (Menteri Pertanian RI). (Foto: Kementan RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman mengingatkan ancaman krisis pangan yang bisa terjadi. Menurutnya, fenomena ini tak hanya mengancam Indonesia tapi juga sejumlah negara di dunia.

Mentan mengaku kesulitan menghadapi krisis ini. Dia bahkan menyebut ancaman krisis pangan yang terjadi sebagai yang terparah di tahun ini sekaligus terberat yang pernah ia hadapi sepanjang dirinya mengenal sektor pertanian.

"Di sisi lain 20 negara menghentikan ekspor. Ini terberat sepengetahuan kami mengenal pertanian, ini lah situasi terberat tahun ini," kata Menteri Amran pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pertanian dengan Kepolisian Negara RI, Kamis, 25 April 2024.

"Kalau krisis kesehatan terjadi kita masih menggunakan masker, tapi kalau sudah terjadi krisis pangan, itu sudah pasti melompat ke krisis politik dan terjadi konflik sosial di antara kita," lanjutnya.

Mentan mengungkapkan, saat ini banyak negara yang menahan keran ekspor. Sehingga menurutnya, ada 58 negara yang kelaparan dan 90 juta orang di antaranya kelaparan karena adanya disrupsi perubahan iklim.

Disebutkan sekarang ini sedang terjadi pemanasan global 1,2 derajat dan menuju 1,5 derajat 2030. Ia mengatakan jika ini terus terjadi, maka akan menjadi ancaman bagi pangan dunia dan Indonesia resistensi 7-16 persen rentan kelaparan.

"Ini yang kita takutkan terjadi di negara tercinta ini," tutupnya.

Tags : Menteri Pertanian , Krisis Pangan , Indonesia , Pertanian