Volume Lalu Lintas Harian Capai 3,4 Juta Kendaraan

| Jum'at, 28/07/2023 11:15 WIB
Volume Lalu Lintas Harian Capai 3,4 Juta Kendaraan Jalan Tol Jakarta Bekasi (Doc: Jasa Marga)

RADARBANGSA.COM - Jasa Marga (Persero) Tbk terus mencatatkan kinerja positif di sepanjang tahun 2023, salah satunya dapat dilihat dari jumlah volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) pada Semester I tahun 2023 yang meningkat untuk seluruh jalan tol Jasa Marga Group.

Hingga Juni 2023, realisasi LHR di jalan tol Jasa Marga Group mencapai 3,47 juta kendaraan setiap harinya, angka ini naik sebesar 1,43% dibandingkan LHR normal sebelum pandemi COVID-19 di bulan Februari tahun 2020 lalu.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menjelaskan LHR saat ini yang telah meningkat dari LHR normal sebelum pandemi selaras dengan membaiknya perekonomian pasca pandemi COVID-19 yang juga berdampak langsung pada mobilitas masyarakat.

"Jika dibandingkan dengan LHR normal sebelum pandemi sebesar 3,42 juta kendaraan, peningkatan mobilitas pada tahun 2023 ini menunjukkan pulihnya perekonomian pasca pandemi dengan kembali normalnya kegiatan/aktivitas masyarakat. Satu faktor peningkatan LHR di Semester 1 2023 adalah peningkatan mobilitas setelah dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan didukungnya aktivitas mudik oleh Pemerintah," jelas Lisye dalam keterangan tertulisnya, Jumat 28 Juli 2023.

Lisye menambahkan, tiga ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi pada periode Semester 1 Tahun 2023 (Januari-Juni) antara lain Jalan Tol Dalam Kota dengan total LHR 535 ribu kendaraan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan total LHR 450 ribu kendaraan, dan Jalan Tol Jagorawi dengan total LHR 408 ribu kendaraan.

“Peningkatan volume ini juga selaras dengan peningkatan kualitas pelayanan operasional yang diberikan oleh Jasa Marga Group kepada pengguna jalan, salah satunya pengembangan teknologi Intelligent Transport System (ITS) yang berfungsi mengelola pelayanan jalan tol yang terintegrasi, sekaligus menjadi sumber pusat informasi lalu lintas (lalin),” ujar Lisye.

Tags : Jasa Marga , Tol

Berita Terkait