Cadangan Devisa Juli Bertambah 200 Juta Dolar AS

| Senin, 07/08/2023 11:23 WIB
Cadangan Devisa Juli Bertambah 200 Juta Dolar AS Dolar AS (Foto: tribunnewscom)

RADARBANGSA.COM - Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juli 2023 sebesar USD137,7 miliar. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Juni 2023 sebesar USD137,5 miliar.

Kepala Departemen  Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono mengatakan bahwa peningkatan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6 bulan impor serta pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Cadangan devisa ini berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," ujar Erwin dalam keterangannya, Senin 7 Agustus 2023.

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Ke depan, BI memandang cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan

Tags : Cadangan Devisa , Cadev

Berita Terkait