Demi Efisiensi, Waskita PHK 600 Karyawan

| Selasa, 15/08/2023 13:42 WIB
Demi Efisiensi, Waskita PHK 600 Karyawan Waskita Karya (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - PT Waskita Karya (Persero) Tbk melaporkan  pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 600 orang karyawannya sepanjang tahun 2023. 

"Sepanjang tahun 2023, perseroan melakukan rasionalisasi jumlah pegawai secara bertahap menyesuaikan dengan berakhirnya masa kerja pegawai di seluruh divisi dengan mempertimbangkan kondisi workload dan kinerja perseroan," ungkap Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita, Asep Mudzakir, melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin 14 Agustus 2023.

Menurut Asep, pelaksanaan pengelolaan SDM Waskita Karya dilakukan dengan tetap mempertimbangkan kinerja dan kebutuhan pada setiap bagian/divisi serta dengan tetap menjaga target perusahaan dapat tercapai dengan maksimal.

"Kebijakan pengelolaan SDM perseroan senantiasa mempertimbangkan kondisi keuangan pasca restrukturisasi, target kinerja perusahaan, dan besaran kontrak yang dikelola. Hal tersebut dilakukan agar perusahaan dapat berjalan dengan efektif dengan workload pekerja yang efisien," katanya.

Melansir Detik, efisiensi itu mengurangi jumlah karyawan menjadi 1.400 orang dari yang awalnya 2.000 orang.

"Kita targetkan di akhir tahun ini 1.400 (karyawan), dari sebelumnya 2.000 (karyawan). Jadi ada target 600 (karyawan) dan sampai saat ini sudah berjalan sekitar 510 karyawan yang sudah kita lepas baik dari pegawai tetap maupun outsourcing," kata Asep seperti dikutip. 

Namun demikian Perseroan memastikan pemenuhan seluruh hak dan kompensasi para pegawai sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga proses rasionalisasi dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

"Melalui efisiensi, perseroan menargetkan pemulihan kondisi keuangan dapat berjalan baik sehingga perseroan dapat memenuhi kewajiban pembayaran utang kepada kreditur sesuai skema restrukturisasi," katanya.

Tags : Waskita , WSKT

Berita Terkait