Jangan Kalah dari Negara Maju, Wapres Ingin Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Islam

| Kamis, 07/09/2023 22:35 WIB
Jangan Kalah dari Negara Maju, Wapres Ingin Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Islam KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin menyampaikan bahwa negara maju ingin menjadi Pusat Ekonomi Islam. Karena, menurutnya, ekonomi Islam sudah menarik negara-negara yang bukan mayoritas Islam.

Wapres mengungkapkan, negara sekelas Inggris hingga Singapura bahkan berupaya ingin menjadi pusat ekonomi Islam. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong agar Indonesia menjadi pusat produsen halal terbesar di dunia pada tahun 2024.

"Ekonomi syariah tidak hanya di negara-negara yang mayoritas muslim, tapi juga di berbagai negara, di Inggris juga ingin menjadi pusat ekonomi islam, bahkan Singapura juga sedang berusaha menjadi pusat hub, ekonomi Islam," kata Wapres dalam sambutannya pada pengukuhan KDEKS di Banda Aceh, Provinsi Aceh, Kamis, 7 September 2023.

Wapres mengatakan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia sejatinya merupakan ikhtiar dalam menjawab beragam tantangan pembangunan nasional, sekaligus membangun peradaban dunia yang lebih baik.

"Ekonomi syariah juga patut dikembangkan, sebab kita ingin membangun kemajuan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan bernilai," ujarnya.

Wapres mengatakan bahwa ekonomi islam merupakan tuntunan. Selain wajib bagi umat Islam, ekonomi syariah juga mengusung prinsip keadilan, inklusi dan universal bagi seluruh umat.

"Artinya tidak hanya untuk orang Islam, tapi rahmatan lil alamin. Aspek ini sangat vital karena tanpa pemerataan dan keadilan, pembangunan ekonomi ibarat bangunan megah tetapi fondasinya keropos," ucapnya.

Tags : Wapres RI , Ekonomi Islam , Indonesia , Produk Halal