Harga Bapok Mahal, Inflasi Argetina Tembus 124 Persen Secara Tahunan

| Kamis, 14/09/2023 12:50 WIB
Harga Bapok Mahal, Inflasi Argetina Tembus 124 Persen Secara Tahunan Ilustrasi.

RADARBANGSA.COM - Tingkat inflasi tahunan Argentina melonjak hingga 124,4% per Agustus 2023 yaitu sebesar 12,4%. Angka itu mencapai level tertinggi sejak 1991, memicu krisis biaya hidup yang sangat tinggi di negara Amerika Selatan itu.

Harga makanan melonjak naik lebih dari yang diharapkan menantang pembeli untuk menemukan penawaran dan opsi yang lebih murah dari satu toko ke toko lainnya.

Pemerintah setempat merilis inflasi bulanan Agustus sebesar 12,4% - angka fantastis bahkan sebagai angka tahunan di sebagian besar negara di seluruh dunia. Inflasi setinggi itu mendorong tingkat kemiskinan melewati 40% dan memicu kemarahan pada elit politik tradisional menjelang Pemilihan Umum di Bulan Oktober.

"Ini sangat sulit. Setiap hari harganya sedikit lebih mahal, seperti selalu berpacu dengan waktu, mencari dan mencari. Anda membeli apa pun yang lebih murah di satu tempat dan pergi ke tempat berikutnya dan membeli sesuatu yang lain,"  kata Laura Celiz warga pinggiran Buenos Aires, seperti dikutip Reuters Kamis 14 September 2023. 

Argentina terjebak dalam siklus krisis ekonomi, dengan kehilangan kepercayaan besar pada mata uang peso yang mendorong depresiasi stabil, inflasi tiga digit, cadangan bank sentral negatif, dan ekonomi yang melemah karena kekeringan yang melanda pertanian.

Tags : Inflasi , Argentina