Emas Terus Meroket di tengah Ketegangan Geopolitik

| Senin, 23/10/2023 09:45 WIB
Emas Terus Meroket di tengah Ketegangan Geopolitik Harga Emas Dunia Melambung Terdongkrak Kebijakan Bank (Foto: Genpi)

RADARBANGSA.COM - Harga emas melanjutkan kenaikannya pada perdagangan akhir pekan ini, mendekati level psikologis $2.000 per ounce, karena kekhawatiran akan eskalasi lebih lanjut dalam konflik Timur Tengah menambah daya tarik emas sebagai safe-haven.

Harga emas di pasar spot naik hampir 0,4% pada harga $1,980.79 per ounce, setelah mencapai level tertinggi sejak Mei di awal sesi. Emas berjangka AS bertambah 0,6% menjadi $1,992.60.

Sementara itu dari dalam negeri Harga Emas pecah telor di Rp 1.117.000 per gram. Sementara harga buyback emas dihargai Rp 1.005.000 per gram.

Israel meratakan distrik Gaza utara setelah memberikan peringatan setengah jam kepada masyarakat setempat untuk melarikan diri, dan menyerang sebuah gereja Kristen Ortodoks di mana orang lain berlindung, karena jelas bahwa perintah untuk menyerang Gaza diperkirakan akan segera diberikan.

“Orang-orang beralih ke emas dan menemukan rasa aman di tengah risiko geo-politik. Jika terjadi eskalasi konflik di Timur Tengah, harga emas akan menembus $2.000,” kata Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago.

Emas telah naik 2,9% minggu ini, dan bertambah hampir $160 sejak awal konflik.

Dari sisi teknis, “kegagalan untuk memicu konsolidasi dan koreksi kembali ke $1.946 yang telah lama tertunda dapat menyebabkan harga bergerak lebih tinggi dan pada akhirnya menantang resistensi di sekitar $2.075, rekor tertinggi nominal dari tahun 2020,” kata  Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank, seperti dikutip Reuters, Senin 23 Oktober 2023.

Para pedagang juga mencerna komentar dari Ketua Fed Jerome Powell pada hari Kamis, yang membuka kemungkinan perlunya kenaikan suku bunga lebih lanjut – yang akan meningkatkan opportunity cost dari memegang emas batangan tanpa imbal hasil – namun juga mencatat adanya risiko yang muncul dan perlunya bertindak dengan hati-hati. .

Tags : Emas , Harga Emas