Jelang Pemilu 2024, Sri Mulyani Tegaskan Netralitas itu Keharusan

| Sabtu, 27/01/2024 09:21 WIB
Jelang Pemilu 2024, Sri Mulyani Tegaskan Netralitas itu Keharusan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (foto: kemenkeugoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berpesan pada jajarannya agar tetap waspada dalam menghadapi kontestasi politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal tersebut disampaikannya setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan menterinya untuk berkampanye atau memberikan dukungan politik.

"Tahun Pemilu jaga sikap kita, netralitas itu adalah sesuatu yang sudah menjadi keharusan. Anda bisa punya preferensi apa saja lakukan pada saat anda di kotak suara. Itu adalah value yang menunjukkan bahwa kita sebagai manusia diatur oleh undang undang dan diatur oleh tata krama," kata Sri Mulyani dalam keterangannya, dikutip Sabtu, 27 Januari 2024.

Adapun Sri Mulyani menegaskan bahwa mengawali tahun 2024, dunia masih dihadapkan pada berbagai tantangan yang tidak mudah. Untuk itu, ia menilai reformasi dan evaluasi di dalam kepabeanan dan cukai harus terus dilakukan.

"Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang ada di dalam Lingkungan Kementerian Keuangan adalah pengelola keuangan negara yang memiliki 4 tugas khusus, yaitu trade facilitator, industrial assistance, community protector, revenue collector - Ini harus terus menerus dilakukan kalibrasi," ujar Menkeu.

Menkeu Sri Mulyani pun mengimbau seluruh jajaran bea dan cukai untuk kembali menghidupkan semangat leadership, ownership, dan ketahanan. Hal tersebut dinilai penting untuk menghadapi ketidakpastian situasi dunia akibat tensi geopolitik yang menguat.

Tags : Menteri Keuangan , Pemilu , Netral , Indonesia , Ekonomi