KPPU Bentuk Tim Khusus Selidiki Dugaan Kartel Imbas Harga Beras Mahal

| Kamis, 29/02/2024 11:45 WIB
KPPU Bentuk Tim Khusus Selidiki Dugaan Kartel Imbas Harga Beras Mahal Ilustrasi beras

RADARBANGSA.COM - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) membentuk tim khusus untuk menyelidiki dugaan kartel beras. Hal ini seiring dengan harga beras yang naik tajam di pasaran. Komisioner KPPU Pengawasan Persaingan Usaha Hilman Pujana mengatakan saat ini pihaknya telah membentuk tim khusus untuk menelisik penyebab harga beras di pasar yang terus mengalami peningkatan.

Hilman mengatakan tim gabungan yang dibentuk untuk menyelidiki harga beras tersebut beranggotakan, Deputi Kajian Advokasi untuk Pencegahan hingga Komisioner Bidang Penegakan Hukum KPPU.

"Kemarin rapat Komisi bentuk tim khusus beras ini ada dari tim kajian dan penegakan hukum," ujarnya dikutip dari okezone, Kamis, 29 Februari 2024.

Lebih lanjut Hilman menuturkan, tim khusus bentukan KPPU itu bertujuan untuk menganalisa seluruh aktivitas perberasan mulai dari hulu sampai hilir. Sejak padi di panen, dibawa kepenggilingan, hingga pendistribusian sampai pasar. Aktivitas tersebut tentunya melibatkan banyak pihak yang berpengaruh pada kondisi perberasan dipasar. 

"Indikasi kartel belum, tentu belum bisa kita simpulkan saat ini, proses pengumpulan data informasi ini jadi dasar kita, tak bisa simpulkan di awal," kata Hilman.

Selain itu, tim khusus tersebut juga bekerja untuk menganalisis regulasi Pemerintah soal perberasan. Dikhawatirkan ada pula regulasi yang justru menjadi hambatan atau penyebab harga beras di pasar menjadi mahal.

"Sumbernya ini apakah masalah di regulasi, kalau ada regulasi oh berimplikasi ke harga ini nanti kami memberikan saran dan pertimbangan," pungkasnya.

Tags : KPPU , Beras , Kartel , Indonesia , Persaingan Usaha

Berita Terkait