Cadangan Devisa Per Akhir Februari Menyusut ke USD144 Miliar

| Jum'at, 08/03/2024 12:03 WIB
Cadangan Devisa Per Akhir Februari Menyusut ke USD144 Miliar Mata uang Dolar AS (Foto: tribunnewscom)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Februari 2024 sebesar USD144 miliar. Meski menurun dibandingkan posisi pada akhir Januari 2024 sebesar USD145,1 miliar, cadangan devisa ini diklaim masih tetap tinggi.

Deputi Gubernur BI, Erwin Haryono menjelaskan penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,5 bulan impor atau 6,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Cadangan devisa ini berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," kata Erwin dalam keterangannya, Kamis 7 Maret 2024.

Bank Indonesia (BI) menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. BI memandang cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga.

"BI akan terus menempuh bauran kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ujarnya.

Tags : Cadangan Devisa , Cadev

Berita Terkait