Dukung Visi Indonesia Emas 2045, Pemerintah Canangkan Transformasi Ekonomi Inklusif

| Rabu, 13/03/2024 22:35 WIB
Dukung Visi Indonesia Emas 2045, Pemerintah Canangkan Transformasi Ekonomi Inklusif Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah telah mencanangkan strategi transformasi ekonomi dengan menetapkan sejumlah arah pembangunan salah satunya mendorong pertumbuhan yang inklusif. Hal ini dilakukan guna mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, salah satu strategi kebijakan yang ditempuh untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif tersebut yaitu melalui kerja sama internasional.

“Saat ini, Indonesia sendiri juga menjadi negara Asia Tenggara pertama dan ketiga di Asia yang mencapai status Open for Accession Discussion untuk menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD),” kata Airlangga dalam rilisnya, Rabu, 13 Maret 2024.

Menurutnya, melalui kerja sama di berbagai fora internasional, Indonesia juga memberikan arah pada kondisi global yg kondusif terutama untuk pertumbuhan ekonomi. Dengan standar global, seperti di OECD.

“Tentunya kita berharap kita dapat multiplier effect dalam bentuk kepercayaan internasional terhadap iklim investasi di Indonesia,” tambahnya.

Airlangga mengungkapkan, keikutsertaan sebagai negara anggota OECD tersebut dinilai mampu memberikan implikasi yang masif bagi Indonesia, “Dampaknya mampu meningkatkan PDB Indonesia hingga 0,94%, serta meningkatkan investasi negara OECD ke Indonesia hingga 0.37%, ditopang oleh tingginya permintaan ekspor dari anggota OECD yang mendorong arus investasi domestic,” tukasnya.

Tags : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Berita Terkait