China Bekukan Akun Jimin Bar Lantaran Proyek Pesawat Yang Tak Rasional

| Senin, 06/09/2021 16:02 WIB
China Bekukan Akun Jimin Bar Lantaran Proyek Pesawat Yang Tak Rasional Jimin BTS tampil di Penutupan Konser (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah China membekukan akun Jimin Bar di platform sosial media Weibo. Langkah ini diambil pasca Fandom Idol BTS itu melakukan serangkaian hal yang tidak rasional untuk perayaan ulang tahun sang idola.

Sebagaimana diketahui, Fanbase Jimin BTS yang di China atau Jimin Bar menyiapkan kado ulang tahun berupa stiker pesawat yang dipasang di Maskapai Jeju Air. Proyek stiker pesawat ini menjadi yang pertama dan terbesar dalam sejarah fandom K-pop.

Untuk mendanai proyek itu, Jimin Bar telah menggalang dana sebesar 271 Juta CNY (Chinese Yuan) atau setara Rp597 Juta dalam waktu satu hari. Kendati demikian, Pemerintah China memandang aksi penggalangan dana ini sebagai sebuah tindakan yang illegal.

Dari keterangan resmi weibo.com, Jimin Bar dinilai mengajak netizen untuk berperilaku yang tidak sehat seperti berdonasi ataupun berbelanja secara tidak sehat. Weibo menilai langkah Jimin Bar ini tidak rasional.

“Netizen melaporkan bahwa pada Bulan April, sebuah akun menggalang donasi untuk proyek kustomisasi pesawat yang menjurus ke aktivitas penggalangan Ilegal di platform lain. Hasil dari dana itu di sebarkan di akun weibo yang mana mengarah ke perilaku yang tidak sehat dan menyesatkan para pengikutnya,” demikian pernyataan resmi manajemen Weibo, dikutip Senin 6 September 2021.

Akibatnya Weibo akan menonaktifkan akun Jimin Bar selama 60 hari atau sekitar dua bulan. Weibo mengatakan sangat menentang perilaku fandom k-pop yang bersifat irasional untuk mengagumi idolanya. Lebih lanjut, Weibo juga akan menindaklanjuti perilaku – perilaku yang terbukti secara sosial tidak bertangggungjawab.

“Weibo dengan tegas menentang perilaku mengejar bintang yang tidak rasional dan akan menanganinya dengan serius. Setiap perilaku pengaum idola (fanbase) yang tidak rasional akan ditangani secara serius dan akan diverifikasi” katanya.

Tags : Jimin BTS , Jeju Air , Jimin Bar

Foto Terkait