5 Keuntungan Menggunakan Kendaraan Listrik

| Selasa, 29/11/2022 16:03 WIB
5 Keuntungan Menggunakan Kendaraan Listrik Petugas melakukan pengisian mobil listrik (Doc: Kompas)

RADARBANGSA.COM - Industri kendaraan listrik memang sudah mulai familiar di Indonesia. Bahkan, sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai mengganti kendaraan konvensional mereka dengan kendaraan listrik atau membeli kendaraan listrik sebagai opsi kendaraan kedua. 

Selain mengurangi emisi karbon dan ramah lingkungan, mobil listrik pun dinilai memiliki sejumlah keuntungan dibandingkan dengan mobil konvensional berbasis BBM, salah satu keuntungan menggunakan mobil listrik yaitu terkait biaya pengisian daya (charging).

Memang terdapat beberapa kelebihan kendaraan listrik dibandingkan dengan konvensional. Untuk Anda yang mulai tertarik dengan moda transportasi futuristik ini, kenali keuntungan mobil listrik di sini:

1. Hemat Energi dan Biaya

Berdasarkan hitungan yang dilakukan Ditjen Perhubungan Darat, satu liter BBM setara dengan 1,2 Kwh listrik. Dengan harga listrik per kWh Rp 1.444 atau dibulatkan Rp 1.500, berarti 1,2 kWh listrik harganya sekitar Rp 1.700. Artinya penggunaan kendaran listrik jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan satu liter BBM yang saat ini seharga Rp 10.000-21.000. Pada mobil listrik, setiap 1 kilowatt hour (kWh) bisa menjalankan mobil listrik sejauh 5-7 kilometer, sementara dengan kapasitas penuh mobil listrik rata-rata sebesar 45 kWh, kendaraan listrik bisa melaju hingga 300 kilometer.

"Secara keseharian, bisa lebih irit 75 persen dalam sehari dibandingkan dengan motor BBM. Kalau biasanya mengeluarkan uang Rp. 100 ribu sehari, ini Rp. 25 ribu saja sudah cukup,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu. 

2. Fasilitas Dijamim

Keuntungan lainnya yang didapat dari penggunaan kendaran listrik yaitu: lebih terjamin, karena pemerintah akan terus mendorong semakin banyaknya fasilitas pengisian daya.

3. Insentif Bertebaran

Saat ini program - program insentif masih dan terus dibahas antar Kementerian/Lembaga. Pemerintah berencana  memberikan insentif seperti: keringanan pajak, bebas ganjil genap, diskon daya listrik rumahan, bebas parkir, dan sejumlah benefit lainnya. 

4. Ramah Lingkungan

Yang pasti saat beralih menggunakan kendaraan listrik maka kamu akan mendukung perbaikan lingkungan, pasalnya kamu akan beralih dari dari kendaraan berbahan bakar fosil (BBM) menuju kendaraan ramah lingkungan. Ini bisa membuat lingkungan di sekitar kamu  bebas dari polusi udara, dan kita tidak tergantung pada bahan bakar fosil yang sudah mulai langka.

5.  Pengisian Bahan Bakar Lebih Mudah

Kendaraan konvensional pastinya harus melakukan pengisian bahan bakar di SPBU. Dalam waktu-waktu tertentu, SPBU akan sangat ramai dan Anda mau tidak mau harus mengantre untuk mendapatkan BBM.

Dengan kendaraan listrik, Anda tidak harus selalu pergi ke SPBU untuk mengisi daya. Anda dapat mengisi daya di rumah Anda sendiri. Selain lebih hemat biaya, ini tentu lebih hemat waktu

Tags : kendaraan listrik , omototif , keuntungan mobil ,

Foto Terkait