Tak Hanya Lezat, Buah Naga Merah Terbukti Banyak Manfaat untuk Kesehatan

| Selasa, 28/02/2023 22:31 WIB
Tak Hanya Lezat, Buah Naga Merah Terbukti Banyak Manfaat untuk Kesehatan Buah Naga. (Foto: doktersehatcom)

RADARBANGSA.COM - Buah naga merah banyak disukai karena memiliki rasa yang manis, kandungan air yang tinggi, serta tekstur yang lembut. Karakteristik inilah yang membuat buah naga merah kerap diolah menjadi beragam makanan penutup, seperti smoothies, jus, atau es buah.

Dalam 1 buah naga merah dengan berat sekitar 300 gram, terkandung 213 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 10 gram serat
  • 5 gram protein
  • 39 miligram kalsium
  • 42 miligram fosfor
  • 1,2 miligram zat besi
  • 384 miligram kalium
  • 3 miligram vitamin C

Buah naga merah juga mengandung vitamin dan mineral penting, serta senyawa alami lainnya yang berperan sebagai antioksidan, seperti likopen, betalain, karoten, dan polifenol.

1. Menjaga berat badan ideal

Tak hanya kaya akan serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, buah naga merah juga tergolong buah yang rendah kalori. Hal ini membuat buah naga merah cocok untuk dijadikan camilan sehat guna membantu menjaga berat badan ideal.

2. Menurunkan kolesterol

Kandungan antioksidan dalam daging buah naga merah serta kandungan omega-3 dan omega-9 dalam biji-biji kecil buah naga merah bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, buah naga merah yang tidak mengandung kolesterol dan kaya akan serat ini juga bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Selain menurunkan kolesterol, kandungan asam lemak omega-3 dan omega-9 dalam biji buah naga merah juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Kandungan kalium, likopen, dan karoten dalam buah naga juga berperan dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Buah naga merah kaya akan vitamin C dan senyawa antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta melawan kuman penyebab infeksi. Manfaat buah naga merah ini dapat menghindarkan Anda dari flu, pilek, maupun penyakit infeksi lainnya.

Buah naga merah memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Agar manfaatnya lebih optimal, konsumsi buah naga merah sebaiknya disertai dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi lainnya, berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

5. Mengontrol gula darah

Manfaat buah naga merah dalam mengontrol kadar gula darah ini bisa diperoleh dari kandungan serat dan antioksidan di dalamnya. Buah naga merah bahkan dipercaya dapat memperbaiki sel-sel pankreas yang rusak, sehingga terjadi peningkatan kadar hormon insulin.

6. Mencegah dan mengatasi sembelit

Buah naga tinggi akan serat dan prebiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Nutrisi-nutrisi ini diketahui dapat memperlancar buang air besar, sehingga mencegah dan mengatasi sembelit.

Tags : Buah Naga Merah , Kesehatan , Tubuh , Vitamin

Foto Terkait