Cak Imin Apresiasi Festival Palang Pintu XIII, Begini Pesannya

| Minggu, 06/05/2018 16:18 WIB
Cak Imin Apresiasi Festival Palang Pintu XIII, Begini Pesannya Cak Imin memberikan sambutan di hari kedua Festival Palang Pintu XIII di Kemang, Jakarta Selatan (dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua MPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar menghadiri Festival Palang Pintu Kemang yang ke-13 dan Gelar Budaya Betawi di Jl. Raya Kemang, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Minggu 5 Mei 2018.

Pria yang akrab disapa Cak Imin mengapresiasi festival seni budaya Betawi tersebut. Menurutnya budaya peninggalan nenek moyang itu harus dilestarikan di tengah hiruk-pikuk megapolitan Jakarta.

“Saya apresiasi dan ikut bangga atas tradisi dan budaya yang terjaga dengan baik, turun temurun. InsyaAllah seluruh bentuk seni keindahan budaya menanamkan nilai-nilai yang luar biasa,” kata Cak Imin di lokasi acara.

Cak Imin menjelaskan, sedikitnya ada tiga nilai yang dapat tertanam ketika tradisi dan budaya terus dilestarikan, yaitu nilai ketakwaan, nilai solidaritas, dan semangat untuk terus maju.

Panglima Santri Nusantara ini juga menyatakan budaya Betawi yang penuh dengan nilai-nilai luhur tersebut menjadi tameng harmonisasi keragaman, baik agama maupun etnik bangsa.

“Selagi masih ada masyarakat Betawi, maka keagamaan dan nilai-nilai akan terjaga dengan baik. Selama masyarakat Betawi masih kokoh dengan tradisi dan budaya, Insya Allah bangsa ini akan terjaga akhlakul karimahnya,” pungkas Cak Imin.

Untuk diketahui, selain Festival Palang Pintu, pengunjung juga bisa berbelanja dan menikmati kuliner khas yang dijajakan oleh 260 stand.

Cak Imin pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencicipi aneka kuliner yang dijajakan. Seperti kerak telor, es slendang mayang, hingga dodol Betawi.

Tags : Cak Imin , Festival Palang Pintu , Betawi

Berita Terkait