Mengapa Orang Bersin Dianjurkan Bersyukur? Ini Penjelasannya

| Sabtu, 18/01/2020 18:08 WIB
Mengapa Orang Bersin Dianjurkan Bersyukur? Ini Penjelasannya Ilustrasi bersin (dok Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Sering mendengar atau bahkan Anda yang sering mengucapkan kata-kata seperti "Alhamdulilah!" atau "Gesundheit" atau "Bless you!" setelah ada orang bersin? Etika yang diajarkan agama memang begitu.

Sebagian orang mengatakan, ucapan-ucapan tersebut diucapkan sebagai ungkapan syukur karena kita bisa mengeluarkan kotoran dari saluran pernapasan.

Saat bersin otot-otot dada akan kontraksi penuh dan otot tenggorokan dengan cepat rileks. Akibatnya, udara bersama dengan air liur dan lendir dipaksa keluar dari mulut dan hidung ketika Anda bersin sehingga virus atau bakteri tidak bisa masuk tubuh dan menyebabkan penyakit.

Ada pula yang mengatakan bahwa saat kita bersin, ada perubahan tekanan pada dada yang merangsang saraf dan membuat jantung berhenti sepersekian detik. Karena jantung kembali berdetak, kita yang berada di sekitarnya memberi ungkap syukur dan doa.

Itu adalah penjelasan sekilas secara ilmiah. Namun, sebelum ada penjelasan ilmiah, kebiasaan mengucapkan syukur setelah ada yang bersin ternyata sudah berlangsung sejak lama.

Dari sisi agama, Rasulullah SAW secara khusus menganjurkan umatnya mengucapkan Hamdalah usai bersin. Orang yang mendengarnyapun dianjurkan untuk mendoakannya.

“Apabila seorang di antara kalian bersin maka ucapkanlah Alhamdulillah, dan hendaklah orang yang mendengarnya menjawab dengan yarhamukallah, dan bila dijawab demikian maka balaslah dengan ucapan yahdikumullah wa yuslihubaalakum,” (HR. Bukhari).

Jika disandingkan dengan alasan medis, Hadis Rasulullah SAW ini tentu sangat beralasan. Pertama, karena kita bersyukur kepada Allah SWT masih memberikan kita pertahanan tubuh yang normal. Bersin dapat membersihkan hidung dan saluran napas kita dan bakteri, kuman dan zat asing lainnnya.

Kedua, pada saat kita bersin jantung kita berhenti sekitar nol koma sekian detik. Pernahkah kita membayangkan jantung kita berhenti berdenyut untuk selamanya? Nah, pada kondisi bersin ini kita diingatkan Allah atas salah satu nikmat-Nya berupa fungsi jantung yang baik.

Jantung merupakan organ tubuh yang bekerja secara tidak sadar. Pernahkah kita menghitung berapa kali denyutan jantung memompa darah dalam setiap hari? Kita jarang mengingat dan bersyukur pada Allah bahwasanya kita memiliki jantung sebagai organ yang sangat vital dalam tubuh ini.

Tags : Kesehatan , Bersin , Rasulullah