Ketika Hujan Deras dan Berpotensi Banjir Amalkan Doa Ini

| Jum'at, 29/01/2021 13:18 WIB
Ketika Hujan Deras dan Berpotensi Banjir Amalkan Doa Ini Hujan masih akan mengguyur sebagian wilayah Indonesia untuk beberapa hari ke depan menurut pantauan BMKG. (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Nikmat Hujan merupakan rahmat dari Allah SWT dan sudah seharusnya kita syukuri. Namun hujan dengan curah yang tinggi dan terjadi selama berhari-hari seringkali membuat kita takut akan terjadinya banjir. Amalkan doa ini ketika hujan deras dan berpotensi banjir,

اللَّهُمّحَوَالَيْنَاوَلَاعَلَيْنَا,اللَّهُمَّعَلَىالْآكَامِوَالْجِبَالِوَالظِّرَابِوَبُطُونِالْأَوْدِيَةِوَمَنَابِتِالشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

Artinya, “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam Kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo, Darud Diyan lit Turats: 1987 M/1408 H), halaman 176.

Mengutip NU Online, Doa ketika hujan deras ini dibaca oleh Rasulullah saat melaksanakan khutbah Jumat. Ketika seorang sahabat datang melapor kepada Rasulullah bahwa hujan deras yang selama sekira enam hari telah berlangsung dan membuat masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas jalan.

Ketika musim hujan berlangsung, selain bergotong-rotong untuk membersihkan aliran air seperti, sungai dan selokan. Sebagai umat Islam kita di ajarkan untuk bertawakal kepada Allah SWT dengan membaca doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Tags : Hujan Deras , Banjir

Berita Terkait