Mengucap Zikir di Kamar Mandi Ketika Berwudu

| Selasa, 09/02/2021 15:36 WIB
Mengucap Zikir di Kamar Mandi Ketika Berwudu wudu (doc: riaupunya.com)

RADARBANGSA.COM - Membaca bismillah ketika berwudu merupakan sunnah yang memiliki banyak keutamaan, ketika seseorang lupa membaca bismillah, maka baiknya menyusul membaca ketika teringat kembali. Sebagaimana seseorang lupa membaca bismillah ketika hendak makan. Lantas bagaimana hukum mengucap bismillah ketika berwudu di kamar mandi?

Membaca kalimat zikir dan doa di dalam kamar mandi dihukumi makruh, sedangkan berwudu dianjurkan untuk membaca bismillah. pada kondisi seperti ini, hukum mana yang diutamakan?

Mengutip NU Online, lebih baik tidak melafalkan bismillah atau kalimat zikir lainnya ketika berwudu di kamar mandi. Aturan ini berlaku bila di dalamnya terdapat tempat buang hajat. Ibn ‘Abidin mengatakan, larangan melafalkan zikir pada tempat kotor lebih diutamakan dibandingkan perintah umum melafalkan bismillah ketika berwudu. Hal ini ditekankan guna menghormati kesucian kalimat  zikir dan doa.

Kumpulan pendapat mereka dapat ditemukan dalam Al-Mawsu’atul Fiqhiyyah. Ensiklopedia fikih tersebut menyebutkan:

قال ابن عابدين: لو توضأ في الخلاء فهل يأتي بالبسملة وغيرها من أدعية الوضوء مراعاة لسنته؟ أو يتركها مراعاة للمحل؟ قال: الذي يظهر الثاني لتصريحهم بتقديم النهي على الأمر وهو مقتضى ما عند الحنابلة من أن التسمية في الوضوء واجبة، وأن الذكر بالقلب لا يكره، وذهب المالكية إلى يكره الذكر في الخلاء

Artinya, “Ibnu ‘Abidin mengatakan, andaikan seorang berwudhu di kamar kecil, apakah dianjurkan baginya membaca bismillah dan kesunahan lainnya dari membaca do’a wudhu demi menjaga kesunahan atau meninggalkannya mengingat tempatnya? Menurut Ibnu ‘Abidin, pendapat yang jelas adalah meninggalkan kesunahan karena kebanyakan ulama lebih memprioritaskan larangan dari perintah. Hal ini sesuai dengan pendapat ulama dari Madzhab Hanbali yang mengatakan bismillah wajib dalam wudhu. Sementara tetap berdzikir di dalam hati tidak dimakruhkan dan menurut ulama Madzhab Maliki dimakruhkan zikir di kamar kecil.”

Baiknya ketika kita berwudu di kamar mandi tidak melafalkan kalimat bismillah, zikir atau doa terlebih dahulu karena bersifat makruh. Namun, membaca bismillah dan zikir di dalam hati masih diperbolehkan. Lalu anjuran dan kesunnahan membaca doa setelah berwudu bisa ditunda dan dilakukan pada saat keluar dari kamar mandi.

Tags : zikir , kamar mandi , wudu

Berita Terkait