Cara Mudah Bangun Malam Untuk Salat Tahajud

| Selasa, 16/02/2021 20:31 WIB
Cara Mudah Bangun Malam Untuk Salat Tahajud

RADARBANGSA.COM - Banyak cara atau tips yang biasa dilakukan agar dapat terbangun pada malam hari untuk melaksanakan salat tahajud. Berikut ini cara yang disarankan oleh para ulama agar dapat terbangun di malam hari, sekaligus akan menambah amal saleh jika melakukannya.

Syekh Zainuddin Al-Malibari menyebutkan empat hal agar dapat mudaha terbangun malam hari untuk melaksanakan salat tahajud dalam syairnya berikut ini:

ويعين تجديد الوضوء وذكركا * قبل الغروب مسبحا مستقبلا وعبادة بين العشاء ومغرب * ترك كلاما بعد ذلك غافلا

Artinya, “Akan menolong (untuk shalat tahajud) oleh pembaruan wudu dan zikirmu * Sebelum magrib bertasbih dan menghadap kiblat // Ibadah antara isya dan maghrib * Meninggalkan ucapan setelah itu halnya lalai,” (Zainuddin Al-Malibari, Hidayatul Adzkiya ila Thariqil Auliya pada Syarah Kifayatul Atqiya, [Indonesia, Al-Haramain Jaya: tanpa tahun], halaman 101).

Mengutip NU Online, Sayyid Bakri dalam syarah atas syair ini melalui karyanya Kitab Kifayatul Atqiya wa Minhajul Ashfiya menyebutkan faktor-faktor yang dapat memudahkan kita untuk melakukan salat tahajud:

1. Memperbarui wudu pada isya.

2. Berzikir sebelum matahari tenggelam dalam hal bertasbih atau beristigfar dan menghadap kiblat.

3. Mengisi waktu antara magrib dan isya dengan ibadah salat, ataupun membaca Alquran atau berzikir.

4. Tidak berbicara setelah zikir, karena bercakap-cakap pada saat itu dapat melenyapkan kelembutan cahaya yang masuk di dalam hati dan dapat menjauhkan dari bangun malam.

Kemudian, Sayyid Bakri juga menambahkan hal lain yang dapat memudahkan kita untuk bangun malam agar dapat melaksanakan salat tahajud adalah duduk berzikir atau salat sunah hingga mengantuk.

Selain persiapan secara lahiriah, Sayyid Bakri menyebutkan persiapan batin yang harus dipenuhi dalam memudahkan kita bangun malam untuk melakukan salat tahajud, yaitu membersihkan batin dari kedengkian, akidah bidah dan kelebihan dalam memikirkan hal duniawi. Persiapan batin lainnya adalah melatih diri untuk menumbuhkan kecintaan kepada Allah SWT, kesenangan pada kalwat, dan kenikmatan bermunajat.

Tags : tahajud , bangun , malam

Berita Terkait