Larangan Menganiaya Anjing

| Senin, 29/03/2021 18:03 WIB
Larangan Menganiaya Anjing anjing (foto:liputan6.com)

RADARBANGSA.COM - Anjing merupakan salah satu hewan yang haram jika dikonsumsi dan air liurnya dihukumi najis, namun menganiaya anjing merupakan perbuatan yang dilarang oleh Islam. Rasulullah SAW melarang manusia untuk menjadikan nyawa binatang sebagai permainan:

وَعَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ  “لَا تَتَّخِذُوا شَيْئاً فِيهِ اَلرُّوحُ غَرَضًا” رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya, “Dari Ibnu ‘Abbas RA, ia berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda, ‘Jangan kalian menjadikan binatang bernyawa sebagai sasaran bulan-bulanan,’” (HR Muslim).

Imam An-Nawawi dalam syarah sahih Muslim-nya mengatakan, larangan pada hadis ini bermakna pengharaman bagi umat Islam menganiaya binatang. Begitupula dengan anjing, menganiaya anjing merupakan perbuatan yang diharamkan, bahkan memberikan kebaikan pada anjing dianjurkan dan terdapat ganjaran pahala di dalamnya:

قد يكون في التقصير في الإحسان إلى الكلب لأنه قانع ناظر إلى يد متخذه ففي الإحسان إليه أجر كما قال صلى الله عليه وسلم في كل ذي كبد رطبة أجر وفي الإساءة إليه بتضييقة وزر

Artinya, “Terkadang terjadi kelalaian untuk berbuat baik terhadap anjing. Hal ini cukup dilihat dari tangan orang yang memeliharanya. Berbuat baik terhadap anjing bernilai pahala sebagaimana sabda Rasulullah SAW, ‘Pada setiap limpa yang basah terdapat pahala.’ Berbuat jahat dengan kezaliman tertentu terhadap anjing bernilai dosa,” (Lihat Ibnu Abdil Barr, Al-Istidzkar Al-Jami‘ li Madzahibi Fuqaha’il Amshar, [Halab-Kairo Darul Wagha dan Beirut, Daru Qutaibah: 1993 M/1414 H], cetakan pertama, juz XXVII, halaman 194).

Lalu bagaimana cara menyikapi anjing yang galak?, Ulama dari Mazhab Syafi’i membagi tiga kategori anjing. Tiga kategori dapat dijadikan acuan dalam menyikapi anjing di sekitar manusia.

واعلم أن الكلب ينقسم إلى ثلاثة أقسام عقور وهذا لا خلاف في عدم احترامه وندب قتله وما فيه نفع من اصطياد أو حراسة وهذا لا خلاف في احترامه وحرمة قتله وما لا نفع فيه ولا ضرر وهذا فيه خلاف ومعتمد الرملي فيه أنه محترم

Artinya, “Anjing terbagi tiga jenis. Pertama, anjing (galak) yang suka mengigit. Ulama tidak berkhilaf terkait ketidakhormatannya dan anjuran untuk membunuhnya. Kedua, anjing yang bermanfaat untuk berburu dan menjaga. Ulama tidak berkhilaf terkait kehormatannya dan keharaman untuk membunuhnya. Ketiga, anjing yang tidak bermanfaat dan membawa mudarat. Ulama berbeda pendapat perihalnya. Pandangan Ar-Ramli mengatakan, anjing jenis ini harus dijaga kehormatannya,” (Sayyid Bakri bin Sayyid M Syatha Dimyathi, I`anatut Thalibin [Beirut, Darul Fikr: 2005 M/1425-1426 H], juz IV, halaman 120).          

Tags : Anjing

Berita Terkait