Jangan Lupa! Zakat Fitrah di Bulan Ramadan

| Selasa, 20/04/2021 15:32 WIB
Jangan Lupa! Zakat Fitrah di Bulan Ramadan Zakat Fitrah (doc:istimewa)

RADARBANSGA.COM - Zakat Fitrah merupakan zakat yang disyariatkan bersamaan dengan ibadah puasa Ramadan. Kewajiban membayar Zakat Fitrah menjadi tanggung jawab setiap orang muslim baik perempuan, laki-laki maupun anak-anak. Ketentuan lainnya Zakat Fitrah dilakukan pada saat menjelang hari raya Idul Fitri atau sebelum menunaikan salat Idul Fitri. 

Zakat Fitrah diwajibkan bagi setiap orang Islam, baik untuk dirinya sendiri maupun orang-orang yang berada dalam tanggungannya, seperti anak-anak hingga orang dewasa. Hukum kewajiban membayar Zakat Fitrah terdapat pada sabda Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam, berikut ini:

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ عَلَى النَّاسِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى كُلِّ حُرٍّ أَوْ عَبْدٍ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى مِنْ الْمُسْلِمِينَ

“Baginda Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam mewajibkan mengeluarkan Zakat Fitrah di bulan Ramadan kepada manusia yaitu satu sha dari kurma atau satu sha dari gandum kepada setiap orang merdeka, budak laki-laki atau orang perempuan dari kaum Muslimin.” (HR. Bukhari Muslim)

Beberapa kelompok yang boleh menerima Zakat Fitrah adalah fakir, miskin, petugas zakat, muallaf, budak, orang yang terlilit hutang, orang yang sedang dalam jalan Allah SWT dan orang yang sedang dalam perjalanan jauh (bukan ke tempat untuk melakukan maksiat). 

Menurut pendapat mayoritas ulama terkait ukuran Zakat Fitrah yang dikeluarkan dengan ukuran kadar 1 sha, yaitu sekitar 2,5 sampai 3 kilogram. Dan waktu untuk menjalankan Zakat Fitrah haruslah sebelum menunaikan salat Idul Fitri. Jika Zakat Fitrah dikeluarkan setelah salat Ied maka dihitung sebagai sedekah dan belum menggugurkan kewajiban melaksanakan Zakat Fitrah.

Berikut ini lafal niat Zakat Fitrah:

Lafal niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri.  

نَوَيْتُ عَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِيْ فَرْضَ للهِ تَعَالَى

Artinya : Aku niat mengeluarkan Zakat Fitrah untuk diriku fardu karena Allah SWT.

Lafal niat Zakat Fitrah untuk orang lain.

نَوَيْتُ عَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ …… فَرْضَ للهِ تَعَالَى

Artinya : Aku niat mengeluarkan Zakat Fitrah untuk ……. fardu karena Allah SWT.

Tags : Zakat Fitrah