Ini 5 Nabi Ulul Azmi yang Wajib Diketahui Umat Islam Dunia

| Kamis, 21/12/2023 23:23 WIB
Ini 5 Nabi Ulul Azmi yang Wajib Diketahui Umat Islam Dunia Alquran (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Dari ke 25 nabi dan rasul, Allah SWT telah mentakdirkan 5 di antaranya sebagai ulul azmi. Perlu diketahui, ulul azmi merupakan gelar yang diberikan karena para nabi memiliki ketegaran dan ketabahan yang luar biasa dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Lantas, siapa saja 5 nabi ulul azmi yang wajib diketahui umat Islam? Simak informasinya berikut ini dirangkum dari berbagai sumber, antara lain:

1. Nabi Nuh AS

Nabi yang disebutkan sebanyak 43 kali di dalam Alquran ini diberi gelar ulul azmi karena memiliki kesabaran yang tak terbatas saat melakukan dakwah. Selama 950 tahun menyerukan dakwah kepada kaumnya, Nabi Nuh AS sering kali mendapatkan hinaan dan cacian dari banyak orang.

Bahkan, istri dan anaknya pun berseberangan dengannya. Meski awalnya menghadapi kondisi tersebut dengan penuh kesabaran dan tabah. Namun, pada akhirnya Nabi Nuh AS memohon kepada Allah SWT untuk menurunkan azab kepada kaumnya yang kafir dan gemar melakukan maksiat.

Allah SWT pun menjawab doa tersebut dengan mendatangkan air bah yang sangat besar. Nabi Nuh AS dan beberapa pengikut serta hewan-hewan berhasil selamat dengan naik perahu yang sebelumnya telah ia buat.

2. Nabi Ibrahim AS

Nabi Ibrahim AS sejak kecil telah mengalami cobaan yang menyedihkan. Ia diasingkan ke dalam goa karena Raja Namrud yang saat itu berkuasa memerintahkan siapa saja untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang baru lahir.

Di saat dewasa, Nabi Ibrahim AS ditampar kenyataan dengan berhadapan dengan raja dan rakyat yang masih menyembah berhala. Demikian juga dengan kedua orang tuanya.

Nabi Ibrahim AS juga mendapat siksaan karena ia dibakar hidup-hidup oleh Raja Namrud, namun Allah SWT menyelamatkannya dengan menggantikan rasa panas dari api menjadi dingin.

Tidak hanya itu saja, Nabi Ibrahim AS juga diuji dengan perintah Allah SWT untuk menyembelih putra kesayangannya Ismail. Namun, saat akan disembelih, Allah mengganti Ismail dengan seekor kambing.

3. Nabi Musa AS

Selanjutnya ada kisah Nabi Musa AS yang lahir di zaman dimana Firaun memerintahkan untuk membunuh setiap bayi laki-laki keturunan Bani Israil. Atas izin Allah SWT, Nabi Musa AS berhasil selamat karena dihanyutkan oleh sang ibu di Sungai Nil.

Nabi Musa AS pun ditemukan oleh Asiyah, istri Firaun yang kemudian merawatnya. Memasuki usia dewasa, Nabi Musa AS diangkat sebagai nabi dan rasul yang harus melawan Firaun.

Dalam perjalanan dakwahnya, Nabi Musa AS mendapatkan mukjizat bisa membelah lautan saat akan ditangkap oleh prajurit Firaun.

4. Nabi Isa AS

Nabi Isa AS mendapatkan mukjizat lahir dari rahim Maryam tanpa seorang ayah. Ia bahkan bisa berbicara sejak bayi untuk menunjukkan kekuasaan Allah SWT.

Saat dewasa dan telah diangkat sebagai nabi dan rasul, Nabi Isa AS mendapatkan banyak cacian dan hinaan. Suatu hari Nabi Isa AS ditangkap dan hendak dibunuh dengan cara disalib.

Namun, Allah SWT menyelamatkannya dan mengangkat Nabi Isa AS ke langit. Dipercaya pada hari akhir kelak, Nabi Isa AS akan kembali turun ke bumi untuk melawan Dajjal.

5. Nabi Muhammad SAW

Nabi dengan gelar ulul azmi yang terakhir adalah Nabi Muhammad SAW. Selama berdakwah, Nabi Muhammad SAW telah mendapatkan banyak hinaan dan serangan dari kaum Quraisy.

Tidak hanya itu saja, Nabi Muhammad SAW juga mendapat tentangan untuk berdakwah dari keluarganya sendiri. Kendati demikian, beliau tetap sabar dalam menjalani perintah Allah SWT hingga mendapatkan mukjizat Alquran.

Demikian 5 Nabi Ulul Azmi yang wajib diketahui umat Islam dunia. Wallahu a'lam bisshawab.

Tags : Nabi , Ulul Azmi , Islam

Berita Terkait