Resep Gelato Enak, Gak Perlu Pakai Mesin

| Selasa, 02/01/2024 11:21 WIB
Resep Gelato Enak, Gak Perlu Pakai Mesin Gelato (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Suka dengan gelato, tapi tidak tahu cara membuatnya? Tidak perlu cemas, ternyata cara membuat gelato cukup mudah.  Untuk penggunaan bahan-bahannya, cukup simpel dan mudah ditemukan di mini market ataupun super market di Indonesia.

Gelato merupakan es krim khas Italia, gelato memiliki ciri tekstur lembut dan lebih padat dibandingkan es krim pada umumnya. Di Italia sendiri, gelato menjadi hidangan penutup atau biasa dikonsumsi sebagai cemilan.

Untuk membuat adonan dasar gelato, atau biasa disebut gelato di crema. Anda harus menyiapkan bahan seperti krim/susu, gula dan kuning telur. Karena pada dasarnya, adaonan gelato terbuat dari krim/susu dicampur dengan gula dan kuning telur.

Hampir semua pembuatan gelato, dilakukan dengan menggunakan bahan dasar tersebut. Selanjutnya, untuk memberikan rasa pada gelato. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang sesuai dengan selera Anda.

Pada dasarnya, dalam pembuatan gelato biasanya membutuhkan bantuan mesin khusus. Penggunaan dari mesin gelato, untuk mempercepat proses pembuatan gelato dalam jumlah yang banyak. Biasanya, mesin gelato sering digunakan bagi Anda yang memiliki usaha gelato.

Dengan adanya mesin gelato, proses pembuatan gelato dilakukan secara otomatis. Dari mesin itulah, proses pengadukan dan pendinginan gelato lebih stabil dan menghasilkan gelato yang sempurna.

Jika Anda tidak memiliki mesin gelato, tidak perlu khawatir. Anda juga bisa membuat gelato secara manual tanpa memerlukan mesin gelato. Hanya saja, cara membuat gelatonya menjadi lebih lama. Dan pastinya membutuhkan ekstra tenaga Anda ya.

Berikut ini adalah langkah membuat gelato tanpa mesin, sebenarnya hampir sama dengan menggunakan mesin. Pemakaian bahan-bahan dasar untuk membuat gelato juga sama. Hanya saja perbedaannya terletak pada saat salah satu proses pembuatannya saja.

Satu hal lagi, dalam membuat gelato tanpa mesin membutuhkan waktu yang lebih lama. Dan juga lebih membutuhkan ekstra tenaga Anda. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama, terlebih dahulu panaskan susu dan krim. Panaskan dengan api ukuran sedang hingga mendidih. Ketika susu sudah mulai berbuih, segera matikan api kompor dan diamkan susu hingga bersuhu netral.
  • Sambil menunggu suhu susu netral, Anda bisa mulai mengocok kuning telur dan gula dengan mixer. Pada saat mengocok dengan mixer, gunakan level speed paling cepat. Hingga kuning telur dan gula tercampur dengan rata dan mengental.
  • Jika adonan sudah mengental, turunkan kecepatan mixer Anda. Secara perlahan masukan susu yang tadi Anda masak ke dalam adonan, aduk hingga rata.
  • Setelah adonan tercampur dengan rata, panaskan kembali dengan api kecil. Pada proses ini, perhatikan tingkatan api dan adonan jangan sampai mendidih.
  • Jika adonan sudah mulai mengental, segera matikan api. Lalu diamkan adonan hingga dingin, sekitar 15 menit.
  • Setelah 15 menit, masukan adonan ke dalam wadah stainless stell. Masukan ke dalam freezer.
  • Setelah sekitar satu jam, keluarkan adonan dari freezer dan aduk dengan kuat menggunakan spatula kayu. Ulangi proses tersebut setiap 15 menit, pada proses ini kesabaran dan kekuatan Anda teruji. Anda juga bisa mengakalinya dengan menggunakan blender.
  • Setelah melakukan proses tersebut selama sekitar satu jam. Gelato pun siap untuk Anda nikmati.
Tags : Gelato , es krim

Berita Terkait