IndoBarometer: PKB Rajai Pilgub Jatim 2018, Gus Ipul Favorit

| Senin, 30/10/2017 13:28 WIB
IndoBarometer: PKB Rajai Pilgub Jatim 2018, Gus Ipul Favorit Ilustrasi by metrotvnews.com

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Eksekutif IndoBarometer, Muhammad Qodari merilis hasil survei terbaru tentang pelaksanaan Pilgub Jawa Timur 2018 mendatang. Menurut Qodari, dua partai dengan pilihan tertinggi kalau pemilu dilaksanakan hari ini di Jawa Timur adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PDI Perjuangan (PDIP).

Qodari menjelaskan, hasil survei itu dilakukan lembaganya dengan menggunakan model pertanyaan tertutup. Namun demikian, dia menegaskan bahwa pilihan masyarakat untuk Pilgub Jawa Timur masih dinamis karena 33% belum memutusukan pilihan politiknya.

Masyarakat secara dominan memilih PKB sebagai partai pemenang dengan raihan suara 25,2%, sedangkan di peringkat kedua PDIP sebesar 24,6%. Partai Gerindra dan Golkar yang secara nasional mengalahkan suara PKB pada Pemilu 2014, hanya meraih suara masing-masing 4,8% dan 4,1%.

“Partai Perindo dan PBB mulai disukai masyarakat Jawa Timur meski sama-sama menempati peringkat paling bawah dengan raihan suara 0,1%,” kata Qodari, Senin 30 Oktober 2017.

Dikatakan Qodari, Perindo dan PBB berada jauh dari partai yang sudah masuk ke DPR seperti Partai Demokrat (2.4%), PPP (1,8%), Nasdem (1,8%), PAN, (1,5%), PKS (0,4%), dan Hanura (0,2%).

Lebih jauh Qodari juga menyatakan bahwa IndoBarometer menyurvei lima kandidat dengan tingkat kesukaan tertinggi untuk pemilihan gubenur Jawa Timur. Menurutnya, peringkat tertinggi masih dikuasai oleh tokoh Nahdatul Ulama Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul (94,2%), sedangkan di posisi kedua terdapat nama, Tri Rismaharini (90,5%) dan disusul oleh Khofifah Indar Parawansa (88,4%).

Nama Abdullah Azwar Anas dan Budi Sulistyono berada di peringkat berikutnya dengan raihan masing-masing 86,6% dan 84,9%. Jikapun Khofifah benar-benar maju sebagai kandidat gubenur menghadapi Gus Ipul, maka hasil survei ‘head to head’ antara kedua tokoh NU itu akan dimenangkan oleh Gus Ipul (59,2%) dan Khofifah (27,3%).

“Menarik pula jika calon wakil gubernur untuk Khofifah datang dari wilayah Mataraman mengingat pasangan yang telah terbentuk yakni Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas keduanya berlatar belakang NU,” pungkasnya.

Tags : Gus Ipul , PKB , Pilgub Jatim

Berita Terkait