Cak Imin Disambut "Tari Pasambahan" di Kampus UNP Padang

| Rabu, 06/12/2017 14:16 WIB
Cak Imin Disambut "Tari Pasambahan" di Kampus UNP Padang Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan rombongan disambut dengan Tari Pasambahan di Kampus UNP Padang. (Dok PKB)

PADANG, RADARBANGSA.COM - Tokoh Nasional Abdul Muhaimin Iskandar tadi pagi memberikan Kuliah Umum di Auditorium kampus Universitas Negeri Padang (UNP) dalam rangkaian kunjungannya ke Sumatera Barat, Rabu, 6 Desember 2017.

Dalam tradisi yang biasa dijalankan di Sumatera Barat, setiap tamu yang hadir dalam sebuah acara atau dalam rangka menyambut tamu penting. Biasanya disambut dengan menampilkan tarian selamat datang dari tuan rumah acara.

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu disambut dengan "Tari Pasambahan (Persembahan)" sebelum memasuki gedung Auditorium kampus UNP. Selain Tari Pasambahan, Panglima Santri Nusantara tersebut juga disuguhkan Sirih dalam Carano sebagai suguhan bagi tamu yang datang.

Tari Pasambahan adalah tarian tradisional yang berasal dari Sumatera Barat, khususnya masyarakat Minangkabau. Tarian ini merupakan tarian selamat datang untuk menyambut tamu kehormatan sebagai wujud rasa hormat mereka terhadap tamu tersebut.

Tari Pasambahan tidak hanya ditunjukkan pada tamu penting atau pejabat saja, namun juga diterapkan pada pesta pernikahan adat. Terutama dalam menyambut rombongan pengantin pria di rumah pengantin wanita.

Tari Pasambahan biasanya ditampilkan oleh sekelompok penari pria dan penari wanita. Dalam pertunjukannya, Tari Pasambahan dimulai dengan tarian pembuka yang dilakukan oleh para penari pria. Kemudian disusul dengan beberapa penari wanita diantaranya ada yang membawa carano berisi sirih, pinang, sadah dan perlengkapan lainnya sebagai suguhan kepada tamu. Tari Pasambahan juga diiringi dengan alunan musik tradisional sebagai pengiring tarian dan lagu atau kata-kata sebagai ucapan selamat datang.

Tags : Cak Imin , Tari Pasambahan , Minangkabau

Berita Terkait