Santri di Jabar Ikuti Kompetisi "English Story Telling"

| Jum'at, 15/12/2017 08:46 WIB
Santri di Jabar Ikuti Kompetisi "English Story Telling" Santri di Jawa Barat ikut kompetisi English Story Telling yang diprakarsa oleh PT Sampoerna. (Foto: Sudirman Wamad)

CIREBON, RADARBANGSA.COM - Sejumlah komunitas dan klub bahasa Inggris bagi para santri di sejumlah pondok pesantren (ponpes) bermunculan. Anggota komunitas dan klub selalu antusias mengikuti kejuaraan atau perlombaan yang berkaitan dengan kemampuan berbahasa Inggris.

Di era digitalisasi ini ternyata santri juga dituntut untuk berkembang. Bahasa Inggris dijadikan sebagai amunisi bagi para santri yang ada di ponpes agar bisa menyesuaikan perkembangan zaman.

Inggi Fadilah (17), salah seorang santri asal Ponpes Al Shigor Gedongan Cirebon, mengaku tak pernah absen setiap ada perlombaan tentang keahlian dalam berbahasa Inggris.

"Sering ikut lomba. Di kompetisi ini saya menjelaskan tentang Allah adalah segalanya menggunakan bahasa Inggris," ucap Inggi di sela kompetisi English Story Telling yang diinisiasi PT HM Sampoerna di Ponpes KHAS Kempek Cirebon, Jawa Barat, Kamis, 14 Desember 2017.

Sebagaimana dikutip detik.com, Head of West Java Zone PT JM Sampoerna Tbk Yohan Lesmana mengatakan kegiatan English Story Telling itu berlangsung di tiga daerah yaitu Kota Cianjur, Sukabumi, dan Cirebon. Sebanyak 240 santri ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan literatur bahasa Inggris di lingkungan ponpes yang ada di Jabar.

"Kami ingin menciptakan individu yang mampu bersaing dan menguasai bahasa Inggris. Kami yakin melalui pembelajaran dengan sistem interaktif ini peserta akan termotivasi dan mendapatkan hal positif," tutur Yohan.

Pengasuh Ponpes KHAS Kempek Kiai Muhammad Bin Jafar menyebut kemampuan berbahasa Inggris menjadi kebutuhan para santri. Sebab, lanjutnya, ke depannya santri bukan hanya dituntut untuk pandai dalam literatur agama, akan tetapi harus mampu mengomunikasikan agama melalui bahasa global.

"Dengan berbahasa Inggris, santri bisa menyampaikan ajaran agama ke dunia global. Dalam Islam pun dikatakan, orang yang menguasai bahasa suatu kaum, maka orang tersebut akan selamat dari tipu daya kaum itu," ucapnya. 

Tags : English Story Telling , Santri , Jawa Barat

Berita Terkait