Cak Imin: Mandat Masa Depan Bangsa Dipundak Ibu

| Jum'at, 22/12/2017 14:05 WIB
Cak Imin: Mandat Masa Depan Bangsa Dipundak Ibu Design by @ipunk

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Setiap tanggal 22 Desember, publik di tanah air memeringati Hari Ibu. Momen ini kerap kali menjadi waktu yang dipilih untuk mengingat kembali jasa-jasa orang tua dalam mendidik anaknya.

Tokoh Santri Nusantara, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan, peran ibu bukan cuma naluri (nature), tapi perlu diisi (nurture) dengan pengetahuan agar masa depan bangsa terjamin lebih baik.

Pengetahuan adalah modal penting bagi seorang ibu dalm mendidik anaknya. Menurut Cak Imin, masa depan anak bergantung pada pola pendidikan ibu.

"Mandat masa depan bangsa ada di pundak ibu. Kualitas ibu saat ini adalah kualitas bangsa di masa depan," tulis Cak Imin di laman twitter pribadinya, Jumat 22 Desember 2017.

Namun demikian, peran ibu yang sangat penting tersebut harus pula diimbangi dengan jaminan lain, seperti perawatan, persalinan, gizi, kesehatan dan pendidikan yang baik.

Menurut Cak Imin, jaminan tersebut dapat menunjang hadirnya ibu-ibu di Indonesia yang memiliki bekal pengetahuan mumpuni. Minimal pengetahuan dasar tata cara merawat anak selama mengandung, melahirkan hingga membesarkan dengan baik dan sehat.

"Saya mengajak semua lapisan masyarakat, khususnya warga PKB dan kaum perempuanya untuk berdayakan ibu," seru Cak Imin.

Dengan tingkat pengetahuan yang mumpuni, lanjut Cak Imin, para ibu tersebut dapat terbebas dari kesalahpahaman maupun takhayul yang banyak berkembang menyelimuti alam pikiran ibu-ibu sehingga keliru membesarkan anak.

"Bukan cuma urusan anak, kualitas keluarga dan bangsa di masa depan ada di tangan ibu. Ada dalam pengetahuan ibu tentang kesehatan dan pendidikan anak," pungkas Ketua Umum PKB ini.

Tags : Selamat Hari Ibu , Cak Imin , PKB

Berita Terkait