4 Provinsi Ditetapkan Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan

| Rabu, 21/02/2018 20:37 WIB
4 Provinsi Ditetapkan Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan Ilustrasi kebakaran hutan

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sejak awal 2018 sudah ada 4 (empat) provinsi yakni Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah telah ditetapkan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan bahwa penetapan tersebut agar ada kemudahan akses dalam penanganan karhutla.

"Baik pengerahan personel, komando, logistik, anggaran, dan dukungan dari pemerintah pusat. Jalur komando penanganan lebih mudah koordinasinya,” kata Sutopo dilansir setkab.go.id.

Menurut Sutopo, daerah yang berada didaerah garis khatulistiwa saat ini tengah memasuki musim kemarau seperti provinsi di atas terutama untuk mudim kemarau periode pertama.

Untuk mengatasi karhutla, lanjut Sutopo, dilakukan operasi darat, operasi udara, operasi penegakan hukum, operasi patroli dan sosialisasi, operasi pelayanan kesehatan, dan berbagai upaya lain. “BNPB masih menyiapkan dukungan pesawat untuk hujan buatan dan helikopter water bombing,” tukas Sutopo.

Tags : Musim Kemarau ,