Gizi Buruk Landa Warga Waigeo, PKB Papua Barat Salurkan Bantuan

| Senin, 26/02/2018 18:56 WIB
Gizi Buruk Landa Warga Waigeo, PKB Papua Barat Salurkan Bantuan Ketua DPW PKB Papua Barat, Abdullah Gazam salurkan bantuan kemanusiaan dari Cak Imin kepada keluarga Laurent yang terserang gizi buruk (dok PKB Papua Barat)

RAJA AMPAT, RADARBANGSA.COM - Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Papua Barat, Abdullah Gazam menyesalkan banyaknya kasus gizi buruk yang melanda sejumlah masyarakat Papua, terutama anak-anak.

Menurutnya, tanah Papua yang begitu kaya dengan sumber daya alamnya, serta begitu banyaknya dana otonomi khusus yang mengalir sejak tahun 2001 lalu, seharusnya mampu berbenah dan terbebas dari ancaman gizi buruk.

Kasus gizi buruk itu diketahui terjadi di kampung Saporkren Distrik Waigeo Selatan Kabupaten Raja Ampat, yang menimpa dua anak Laurent Mambrasar, Andreas (9) dan Gideon (7). Menurut Gazam, kondisi mereka sangat memprihatinkan.

“Parahnya lagi masalah gizi buruk ini sudah lama terjadi tapi luput dari pantauan publik dan media, padahal berjarak hanya sekitar 30 menit perjalanan darat dari ibukota Waisai ke lokasi kejadian,” kata Gazam saat berkunjung ke kediaman Laurent, Senin 26 Februari 2018.

Tak menunggu lama, Gazam bersama kader PKB Papua Barat menyalurkan bantuan kemanusiaan dari Ketua Umum PKB, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ke kediaman Laurent.

Gazam menegaskan, gizi buruk tersebut adalah pukulan telak bagi stakeholder yang ada lantaran terjadi tidak begitu jauh dari bibir kota Waisai. Seharusnya, wilayah yang tak jauh dari kota itu terbebas dari bencana gizi buruk, namun justru sebaliknya.

“Lalu bagaimana dengan yang ada di kampung-kampung yang jauh di sana yang sudah pasti tidak terpantau oleh media? Bisa jadi lebih parah,” tegasnya.

Oleh karena itu, Gazam mendesak pemerintah setempat untuk lebih peka terhadap kondisi kesehatan warganya. Mereka tidak boleh lagi berpangku tangan berdiam diri melihat fakta memilukan semacam gizi buruk di daerah itu.

Sementara itu, Laurent dengan mata berkaca-kaca mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas kepedulian dari Cak Imin selaku Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa.

“Saya bersyukur dan berterima kasih sekali hari ini Cak Imin bisa bantu anak-anak saya, saya doakan semoga Cak Imin sehat dan sukses selalu, begitu pun dengan DPW PKB Papua Barat,” tutup Laurent.

Tags : PKB , Cak Imin , Abdullah Gazam