Pemkot Cirebon Kebut Perekaman E-KTP untuk 1.960 Warga

| Senin, 05/03/2018 22:02 WIB
Pemkot Cirebon Kebut Perekaman E-KTP untuk 1.960 Warga Ilustrasi.

CIREBON, RADARBANGSA.COM - Kepala Disdukcapil Kota Cirebon, Sanusi, mengungkapkan saat ini ada 1.960 warga Kota Cirebon yang belum memiliki KTP Elektronik. Padahal, keberadaan KTP Elektronik menjadi salah satu syarat utama untuk ikut Pilkada.

Sanusi menyebutkan, warga yang belum mendapat KTP Elektronik di Kota Cirebon sebagian besar berstatus pelajar tingkat SMA dan SMK. “Mereka sebenarnya sudah wajib punya KTP elektronik tapi belum memilikinya, padahal usia sudah 17 tahun,” ungkap Sanusi, Senin, 5 Maret 2018 seperti dikutip liputan6.com.

Ia menjelaskan, banyak alasan yang menyebabkan ribuan warga Kota Cirebon belum memiliki KTP Elektronik. Salah satunya kesadaran warga Kota Cirebon yang sudah menginjak usia 17 tahun untuk membuat KTP.

Disdukcapil akan segera melakukan perekaman agar warga Kota Cirebon bisa mengikuti pilkada serentak maupun pilpres 2019 mendatang. "Untuk stok blangko masih aman, kalau kurang, kita bisa minta lagi," ungkap Sanusi.

Banyaknya warga Kota Cirebon yang belum memiliki KTP Elektronik membuat Pjs Wali Kota Cirebon Dedi Taufik geram. Dia menegaskan kepada seluruh camat yang ada di Kota Cirebon bersama dengan Disdukcapil melakukan pendataan warga.

"Proses percepatan pencetakan KTP elektronik juga harus segera dilakukan," ujar dia.

Tags : KTP Elektronik , Cirebon , Pilkada 2018 , Pemilu 2019

Berita Terkait