Kemnaker - Kemendagri Jalin Kerjasama Soal Data Ketenagakerjaan dan Kependudukan

| Senin, 12/03/2018 16:45 WIB
Kemnaker - Kemendagri Jalin Kerjasama Soal Data Ketenagakerjaan dan Kependudukan Kemnaker dan Kemendagri jalin kerjasama soal data (Foto: Kemnaker.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan kerjasama untuk mengintegrasikan data ketenagakerjaan dengan kependudukan.

“Kerjasama ini untuk mewujudkan konsep satu data ketenagakerjaan melalui sistem informasi ketenagakerjaan yang terintegrasi dengan data kependudukan berbasis pada layanan., “ kata Sekjen Kemnaker Hery Sudarmanto di Jakarta, Jumat 9 Maret 2018.

Menurut Hery, pemerintah telah berupaya untuk memberikan layanan ketenagakerjaan yang transparan, cepat dan akurat yang didukung oleh nomor induk kependudukan sehingga dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

“Pemerintah tentunya memberikan layanan ketenagakerjaan, yang transparan, cepat dan akurat yang didukung pemanfaatan nomor induk kependudukan, data kependudukan dan KTP elektronik dalam layanan lingkup Kementrian Ketenagakerjaan,” tambah Herry.

Integrasi data, lanjut Hery, memiliki potensi signifikan dalam memberikan manfaat, baik bagi pemerintah atau masyarakat. ”Kita tidak boleh mengulang-ulang lagi tradisi-tradisi lama dimana perencanaan dan penganggaran banyak yang tidak nyambung serta tidak sinkron akibat data yang tidak terintegrasi, terkonsolidasi, dan terorganisasi. Bahkan antar sektor, antar wilayah, antara pusat dan daerah,” jelas Hery.

Diketahui, kerjasama antar kedua kementerian tersebut diwakili oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Hery Sudarmanto dan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo di ruang Tridharma, Kemnaker Jakarta.

Tags : Kemnaker , Kemendagri