Wacana Poros Ketiga, PKB: Belum Konkret dan Biasanya Ditolak Kiai

| Senin, 12/03/2018 23:17 WIB
Wacana Poros Ketiga, PKB: Belum Konkret dan Biasanya Ditolak Kiai Logo PKB (dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Belakangan ini ramai dibicarakan terkait pembentukan poros ketiga untuk memunculkan calon pemimpin alternatif selain Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Wakil Bendahara Umum DPP PKB Syaikhul Islam Ali mengaku, komunikasi antara partai-partai yang belum menentukan sikapnya di Pilpres 2019 masih sangat terbuka dan cair.

"Prinsipnya kan segala kemungkinan bisa terjadi. Komunikasi tentu masih sangat terbuka dan cair," ucap Syaikhul dalam keterangan tertulis, Senin, 12 Maret 2018.

Selain itu, rencana pembentukan poros ketiga ini dimana masih belum ada kejelasan, disebut Syaikhul akan mengakibatkan poros baru ini sulit mendapatkan restu dari para kiai. "Konkretnya belum ada. Biasanya yang begini-begini langsung ditolak oleh para kiai," tukasnya.

Alasan lain yang menurutnya menyulitkan poros ketiga ini untuk terbentuk adalah sikap dari Ketua Umum PKB A. Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Syaikhul mengatakan, untuk saat ini Cak Imin masih merasa nyaman berkoalisi dengan PDIP mendukung Jokowi.

"Sebagaimana dikatakan Cak Imin beberapa waktu lalu, PKB masih nyaman berkoalisi dengan PDIP cs," tegasnya.

Tags : Poros Ketiga , PKB , Pilpres 2019

Berita Terkait