Menhub Usulkan Libur Lebaran Dipercepat Untuk Kurangi Kemacetan

| Senin, 19/03/2018 21:50 WIB
Menhub Usulkan Libur Lebaran Dipercepat Untuk Kurangi Kemacetan Pintu masuk tol Palimanan macet panjang saat mudik lebaran tahun lalu.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai menghadiri Forum Infrastruktur India Indonesia (IIIF) mengusulkan agar cuti bersama lebaran tahun 2018 dimajukan lebih awal untuk mengurangi kemacetan saat terjadinya arus balik.

Budi menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan KemenPAN RB mengusulkan agar libur dimajukan dua atau tiga hari lebih awal sebelum lebaran. "Kita juga ingin berkoordinasi dengan KemenPAN RB untuk membuat libur anak-anak bisa dua atau tiga hari lebih awal. Supaya kalau mau pulang (mudik) tidak di H-1 tapi H-7 atau H-8. Sehingga (bisa) memberikan relaksasi, atau tekanan (kemacetan) berkurang, " ujar Menhub di Jakarta, Senin, 19 Maret 2018.

Selama ini, lanjut Budi, kemacetan saat lebaran diklaim karena minimnya waktu libur yang diberikan Pemerintah. Hal itu berakibat masyarakat melakukan mudik berdekatan dengan hari H. 

Dia berharap koordinasi yang dilakukan Pemerintah akan membuat momentum lebaran tahun ini jadi lebih baik. "Mudik adalah amanah yang menantang untuk saya. Oleh karena itu, Kemenhub akan mempersiapkan dengan baik," pungkasnya.

Tags : Kemenhub RI , Cuti Lebaran , Hari Libur

Berita Terkait