Tingkatkan Pengetahuan, Kemendesa PDTT-Perpusnas Jalin Kerjasama

| Selasa, 27/03/2018 18:49 WIB
Tingkatkan Pengetahuan, Kemendesa PDTT-Perpusnas Jalin Kerjasama Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo saat mendampingi Presiden Jokowi ke Serang, (foto: kemendesa.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melakukan kerjasama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dalam rangka membangun perpustakaan desa.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menyambut baik kerjasama tersebut. Menurutnya, budaya literasi sangat penting baik di desa maupun di perkotaan.

“Saya menyambut baik MoU Kemendes PDTT dengan Perpustakan Nasional karena literasi di desa itu penting. Misalnya kita sudah berjalan bangunan-bangunan fisik seperti PAUD, itu hanya dipakai pagi saja, siang sampai malamnya kosong," kata Menteri Eko dilansir kemendesa.go.id.

Pendirian perpustakaan membantu untuk meningkatkan pengetahuan yang berpengaruh pada kemajuan desa, baik pendapatan maupun produktifitasnya.

"Nah, itu kita fasilitasi buku-buku tentang lifeskill, sangat membantu sekali pada peningkatan pengetahuan dan pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan, pada pendapatan, dan produktifitas masyarakat desa,” tambah Menpora.

Menurut Eko, dana desa bisa digunakan untuk bangun perpustakaan di desa-desa. Perpustakaan yang ada di desa bukan hanya fisikal tapi kita sediakan dalam bentuk digital. "Desa-desa yang infrastrukturnya sudah cukup, kita bantu dengan penyediaan buku-buku," jelasnya.

Tags : Menteri Eko , Perpustakaan , Dana Desa ,

Berita Terkait