Gus Ipul Harap Penyaluran TKI Tak Hanya Sekedar Ngirim ke Luar Negeri, Tapi...

| Rabu, 28/03/2018 22:24 WIB
Gus Ipul Harap Penyaluran TKI Tak Hanya Sekedar Ngirim ke Luar Negeri, Tapi... Pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Jatim, Gus Ipul dan Puti mendapatkan nomor urut 2, (photo: IG Puti)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul mengingatkan bahwa dalam penyaluran Tenaga Kerja Indonesia tidak sekedar mengirim saja melaikan harus memberikan pembekalan yang matang.

"Pengirim TKI harus dipersiapkan dengan matang dan tak sekedar mengirim," kata Calon Gubernur Jawa Timur itu, sebagaimana dikutif dari antaranews, Rabu 28 Maret 2018.

Menurut Gus Ipul, penyaluran TKI sudah saatnya menjadikan pasar kerja internasional yang strategis. Untuk itu harus dimanfaatkan demi kepentingan bersama. "Pelatihan harus dilakukan di kantong-kantong terbanyak mengirim TKI seperti Tulungagung, Ponorogo, Jember dan Madura," jelas Gus Ipul.

Tetapi, perlindungan terhadap TKI harus diutamakan sehingga dapat memberikan rasa aman kepada mereka baik pekerja itu sendiri maupun keluarga. "Perlindungan merkan harus diutamakan," tambahnya.

Gus Ipul menuturkan bahwa saat ini TKI asal Jawa Timur sekira 216.000 pekerja. TKI bekerja kebanyakan di Hongkong, Malaysia, Korea Selatan, dan Arab Saudi. 

Tags : Gus Ipul , TKI ,

Berita Terkait