Andy Rachmianto Berharap PMI Bermasalah Dapat Pelatihan Keterampilan

| Rabu, 28/03/2018 22:57 WIB
Andy Rachmianto Berharap PMI Bermasalah Dapat Pelatihan Keterampilan Sejumlah pemuda yang sedang melakukan tarian dalam acara “Indonesian Cultural & Education Night” di Hotel Le Grand, Amman (foto: kemnaker.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Duta Besar (Dubes) RI untuk Yordania, Andy Rachmianto mengungkapkan bahwa Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah yang berada di penampungan sementara Amman, Yordania agar mendapatkan pelatihan keterampilan kerja.

“Berbagai kegiatan pelatihan ketrampilan kerja dan pembinaan jasmani dan rohani diharapkan bermanfaat bagi para pekerja sekembalinya ke tanah air," kata Andy Rachmianto, dilansir kemnaker.go.id, Rabu 28 Maret 2018.

Menurut Andy, pembekalan keterampilan terhadap PMI yang bermasalah merupakan wujud perlindungan negara terhadap PMI di luar negeri. Keterampilan yang diberikan berupa home industri, seperti kue, tahu, tempe dan lain sebagainya.

"Pemerintah terus memberikan pendampingan dan pembinaan ketrampilan bagi para PMI yang berada di tempat penampungan sambil menunggu penyelesaian masalah hak-hak ketenagakerjaannya yang dimediasi maupun diselesaiakan melalui pengadilan," jelas Andy.

Saat ini, lanjut Andy, pemerintah terus berupaya penyelesaian kasus-kasus PMI dapat segera selesai sehingga dapat segera pulang ke tanah air.

 

Tags : PMI , TKI ,