Survei INES: Cak Imin Cawapres Utama Pilihan Masyarakat

| Minggu, 06/05/2018 17:27 WIB
Survei INES: Cak Imin Cawapres Utama Pilihan Masyarakat Cak Imin mendampingi Ketum PBNU, KH Said Aqil Siroj tiba di Cilacap untuk hadiri sejumlah kegiatan. (dok PKB)

JAKARTA, RADARBAGSA.COM - Indonesia Network Election Survey (INES) merilis hasil survei pilihan masyarakat jika pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini. Survei tersebut menyebutkan nama calon Presiden yang masuk dalam `Top Of Mind` pilihan masyarakat.

Direktur Eksekutif INES Oskar Vitriano mengatakan, survei tersebut melibatkan 2.180 orang di 408 kabupaten dan kota. Di samping itu, survei yang diselenggarakan pada 12 hingga 28 April 2018 ini diklaim memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sebesar 2,1 persen.

Hasil survei tersebut menyebutkan bahwa calon Presiden Prabowo Subianto mendapatkan suara 50,2 persen dan Joko Widodo mendapatkan suara 27,7 persen dari total responden. Sementara, jika survei dilaksanakan tertutup, hasilnya Prabowo Subianto dipilih sebanyak 54,5 persen responden, sedangkan Jokowi dipilih sebanyak 26,1 persen responden.

Selain itu, untuk posisi Calon Wakil Presiden (Cawapres), INES juga mencermati peluang nama-nama calon Wakil Presiden yang bisa maju di Pilpres 2019.

Berdasarkan survei top of mind, INES menemukan bahwa 20,2 persen responden menganggap Muhaimin Iskandar cocok diangkat sebagai cawapres. Nama itu kemudian disusul oleh Airlangga Hartarto dengan porsi 17,4 persen.

Sementara melalui survei tertutup, 21,4 persen responden masih memilih Muhaimin sebagai cawapres jika pilpres dilakukan saat ini. Oskar mengatakan, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu sebagai punggawa partai politik yang sudah punya pengalaman di pemerintahan.

"Selain itu, ia juga dianggap sebagai kaum Nahdliyin yang berpengalaman, sehingga responden memilih dia dibanding nama lainnya," ujar dia.

Tags : Survei INES , Pilpres 2019 , Cak Imin

Berita Terkait