Indonesia Sambut Baik Tawaran Kerjasama Australia Soal Human Trafficking

| Jum'at, 29/06/2018 22:05 WIB
Indonesia Sambut Baik Tawaran Kerjasama Australia Soal Human Trafficking M Hanif Dhakiri (Nenteri Ketenagakerjaan RI). (Dok Kemnaker RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Gary Quinlan AO dan Government Strategist Walk Free Foundation menawarkan kerjasama atasi human trafficking dan penarikan pekerja anak termasuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) illegal.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M Hanif Dhakiri menyambut baik kerjasama tersebut. Bahkan menurutnya, salah satu sosialisasi kebijakan pemerintah efektif yakni dilakukan oleh organisasi masyarakat atau Ormas.

“Kita sambut tawaran kerja sama ini dengan baik. Sosialisasi kebijakan pemerintah akan lebih efektif apabila pendekatannya dilakukan melalui Ormas, “ kata Menaker Hanif di Jakarta, Kamis 28 Juni 2018.

Direktur Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (PPTKLN) Kemnaker Soes Hindharno menambahkan bahwa pemerintah tekah memiliki program dan kebijakan untuk mencegah PMI ilegal dan perdagangan manusia. Salah satunya adalah Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan PMI non prosedural di 21 daerah.

"Satgas ini ada di daerah-daerah tersebut dan melibatkan berbagai unsur, seperti Polri, Imigrasi, Pemda, dan sebagainya," jelasnya.

Tags : Menaker , Hak Pekerja

Berita Terkait