Di Denpasar, Menteri PUPR Tinjau Tempat pemrosesan Akhir Sarbagita Suwung

| Jum'at, 06/07/2018 20:01 WIB
Di Denpasar, Menteri PUPR Tinjau Tempat pemrosesan Akhir Sarbagita Suwung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi tempat pemrosesan akhir sampah di Sarbagita, Suwung, Bali, Kamis (6/7). (Dok Kemenpupr RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres revitalisasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Regional Sarbagita Suwung, Denpasar, Kamis, 5 Juli 2018. TPA tersebut melayani area Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan.

Kementerian PUPR rencananya akan menjadikan proyek ini sebagai percontohan pengolahan sampah menjadi energi. Terlebih, Bali merupakan salah satu destinasi wisata dunia sekaligus denyut nadi utama ekonomi dan penghasil devisa negara.

Karena itu, Ketersediaan infrastruktur yang berkualitas seperti jalan, air bersih, pengelolaan air limbah dan pengelolaan sampah sangat diperlukan agar para turis dapat berwisata dengan nyaman.

Menteri Basuki menyatakan, Instalasi Pengolahan Lindi (IPL) TPA Regional Sarbagita yang ada saat ini kapasitasnya sudah tidak memadai dengan beban limbah yang diolah melebihi kapasitas sehingga tidak mampu lagi mengolah sampah yang masuk ke TPA dan menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan.

“Sampah yang masuk ke TPA Regional Sarbagita rata-rata sebesar 1.423 ton/hari dimana untuk lahan seluas 32,4 Ha yang ada saat ini daya tampungnya sudah maksimal, sesuai hasil analisa hanya menyisakan masa layanan sekitar 1 – 2 tahun ke depan. Untuk itu diperlukan revitalisasi sebagai peningkatan kapasitas tampung dan perbaikan infrastruktur pengolahan sampah agar kualitas lingkungan menjadi lebih baik,” ujar Basuki.

Diketahui, TPA Sarbagita Suwung berlokasi dekat dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, yang menjadi salah satu bandara tersibuk di ASEAN. Pada bulan Oktober 2018 mendatang, Bali terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF-World Bank.

Tags : TPA Sarbagita , Bali , Kementerian PUPR RI

Berita Terkait