Kemenag Tegaskan Belum Ada Kesepatakan Soal Sertifikat Halal dengan Malaysia

| Senin, 04/02/2019 18:33 WIB
Kemenag Tegaskan Belum Ada Kesepatakan Soal Sertifikat Halal dengan Malaysia Kepala Badang Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sukoso (foto: kemenaggoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kepala Badang Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sukoso menegaskan bahwa pihaknya belum melakukan kesepakatan bebas sertifikasi halal dengan negara manapun, termasuk Malaysia.

“Belum ada kesepakatan bebas sertifikasi halal dengan manapun, termasuk Malaysia,” tegas Sukoso di Jakarta, Senin 4 Februari 2019.

Sukoso menjelaskan bahwa, memang pihak penanggung jawab jaminan produk halal Malaysia pernah berkunjung ke BPJPH Kementerian Agama beberapa waktu lalu. Namun hal itu sebatas pertemuan dan pengenalan visi misi termasuk program BPJPH.

“Kami menerima kunjungan mereka tahun lalu. Saat itu, belum ada pembicaraan mengenai rencana kesepakatan bebas sertifikasi halal untuk produk dari kedua negara,” jelasnya.

Sebelumnya diinformasikan bahwa adanya kesepakatan yang sudah terjalin dengan Malaysia terkait bebas sertifikat halal. Kemudian, informasi ini dipertanyakan oleh Indonesia Halal Watch (IHW). IHW berpendapat bahwa kerjasama tersebut dapat menghambat perkembangan UMKM dalam negeri.

Tags : Sertifikat Halal ,

Berita Terkait