Ancam Ulang Tragedi 98, Pemilik Akun Antonio Bannera Diciduk Polisi

| Minggu, 07/04/2019 06:37 WIB
Ancam Ulang Tragedi 98, Pemilik Akun Antonio Bannera Diciduk Polisi Ilustrasi beritasatucom

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Aparat Polda Jawa Timur menangkap pemilik akun Facebook Antonio Bannera, yang ingin mengulang tragedi 1998 dan menyebar ujaran kebencian terhadap etnis Tionghoa.

Pemilik akun tersebut dibekuk Tim Siber Crime Polda Jatim di indekosnya kawasan Sedati, Sidoarjo, Sabtu 6 April 2019.

Kasubdit Siber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim Ajun Komisaris Besar Harissandi mengakui sudah  menangkap pelaku ujaran kebencian tersebut.

"Pelaku sudah tertangkap, saat ini sedang dibawa ke Polda Jatim," kata Harissandi.

Untuk diketahui, melalui akun Facebook, pelaku menyebut menginginkan Prabowo menang dan bila perlu mengulang tragedi kerusuhan dan pemerkosaan massal pada Mei 1998. Ia juga bahkan mengancam perempuan etnis Tionghoa.

Selain itu, yang membuat geger publik adalah, pemilik akun Antonio Bannera tersebut menerangkan informasi dirinya sebagai karyawan PT Jawa Pos National Network (JPNN)—perusahaan media massa.

Mengenai hal tersebut, Direktur Bisnis dan IT JPNN Auri Jaya melalui keterangan tertulis menegaskan, Antonio Banerra bukan karyawan perusahaannya.

”Tidak ada satu pun karyawan kami yang bernama Antonio Banerra. Kami tidak memiliki wartawan ataupun koresponden di Surabaya, sebagaimana keterangan dalan akun Facebook atas nama Antonio Banerra,” kata Auri.

Ia mengatakan, direksi dan manajemen PT JPNN sedang mempersiapkan langkah-langkah hukum untuk melaporkan pemilik akun Antonio Banerra.

Sebab, kata dia, perbuatan pelaku yang mengumbar ujaran kebencian dengan mengaku sebagai pegawai JPNN telah mencemarkan nama baik perusahaan.

”Kami akan melaporkan akun Antonio Banerra ke Bareskrim Polri. Kami sedang mengumpulkan bahan pendukung laporan. Kami berterima kasih kepada Polda Jatim yang telah menangkap seseorang yang diduga pembuat akun Antonio Banerra,” tuturnya.

Tags : Pemilu 2019 , Hoax , Antonio Bannera

Berita Terkait