PB PMII Siapkan 14.868 Relawan Pemantau Pemilu 2019

| Jum'at, 12/04/2019 14:20 WIB
PB PMII Siapkan 14.868 Relawan Pemantau Pemilu 2019 Logo PMII (doc. istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM- Pengurus Besar Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menyiapkan 14.868 relawan pemantau untuk mengawal proses jalannya Pemilu serentak 17 April mendatang.

Relawan pemantau terdiri dari kader PMII se-Indonesia akan diterjunkan untuk mengawal semua TPS pada hari pemungutan suara.

Sekretaris Jendral PB PMII, Sabolah Al Kalamby mengatakan bahwa PMII telah mendapatkan sertifikat sebagai pemantau resmi dari Bawaslu RI.

"Sebagaimana yang kita ketahui juga bahwa pemilu 17 April 2019 bertetapan dengan hari lahir PMII ke-59. Jadi angka 14.868 kader ini kita dapat dari perwakilan 59 kader masing-masing cabang dari total 252 Cabang (Persiapan & Definitif) PMII se-Indonesia," kata Sabolah Al Kalamby.

"Saya kira ini momentum yang sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Tidak sedikit uang negara dikeluarkan untuk Pemilu 2019 ini, mencapai Rp25 triliun. Jadi kami PMII harus berperan aktif untuk suksesnya pemilu, agar uang rakyat yang dimandatkan dikelola oleh negara bisa berguna efektif untuk kepentingan bangsa,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Sabolah Al Kalamby meminta kepada seluruh Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII agar berkoordinasi dengan Bawaslu di Provinsi masing-masing, agar ada sinergi atara PMII dan Bawaslu.

“Kita juga akan memberikan pesan kepada kader relawan pemantau ini agar di daerah masing-masing memerangi hoaks, memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak terpancing dengan isu-isu yang bisa membelah masyarakat. Pastinya kita ikut membantu penyelenggara perangi praktik-praktik pemilu yang bertentangan dengan azaz pemilu," pungkasnya.

Tags : PMII , Pemilu 2019 , Pemantau Pemilu

Berita Terkait